Latest News

Teknik Dan Cara Mengasah Gergaji Semoga Tajam Dan Awet

Bagaimana Cara Mengasah Gergaji Yang Baik dan Benar?

Gergaji ialah perkakas berupa besi tipis bergigi tajam yang dipakai untuk memotong atau pembelah kayu atau benda lainnya. Gergaji tangan ialah suatu alat perkakas tangan yang dipakai untuk memotong atau mengurangi tebal dari benda kerja yang nantinya akan dikerjakan lagi. Prinsip kerja dari gergaji tangan ialah langkah pemotonganya kearah depan sedangkan pada langkah mundur mata gergaji tidak melaksanakan pemakanan/penyayatan.
Mengasah gergaji tidak sekedar membuat semua jajaran mata gergaji menjadi lebih runcing akan tetapi kita perlu perhatikan beberapa detail yang akan sangat besar pengaruhnya untuk fasilitas menggunakan gergaji tangan. Cara mengasah gergaji yang salah sanggup mengakibatkan hasil potongan yang digergaji menjadi tidak sesuai harapan, hasil potongan atau penggalan sanggup garang atau tidak rata. Cara yang salah dalam mengasah gergaji juga sanggup membuat kita kesulitan menggunakan gergaji dengan benar. Lantas faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengasah gergaji setrik benar dan sanggup tajam serta awet?

Kelurusan Bilah gergaji
Bilah gergaji harus benar-benar lurus tanpa bengkok sehingga pada waktu gerakan menggergaji garis potong yang akan dihasilkan terjaga ukurannya dan tenaga yang diharapkan untuk mendorong ataupun menarik gergaji tidak terlalu besar, terutama pada waktu garis potong sudah mempunyai kedalaman tertentu. Bilah gergaji yang bengkok sanggup berakibat garis potong menjadi lebih besar dan hasil gergaji tidak halus/rata.

Barisan Mata Gergaji
Pengasahan harus memperhatikan hasil tamat pada posisi mata gergaji. Semua ujung mata gergaji harus terletak pada satu garis lurus dengan sekecil mungkin toleransi. Begitu pula dasar sudut mata gergaji juga harus tetap berada pada satu garis lurus.

Ketidakrataan posisi barisan mata gergaji berarti tidak semua mata gergaji bekerja maksimal. Hanya mata gergaji paling tinggi yang bekerja memotong kayu. Situasi ini membuat penggergajian lebih berat dan lebih lama. Juga sanggup membuat gergaji lebih cepat tumpul terutama pada mata gergaji tertinggi.


Ruang Gerak
Jika diamati dari akrab anda perhatikan bahwa semua mata gergaji bengkok, mempunyai sudut tertentu dari bilah gergaji. Dan susunannya selalu berbanding sama. Misalnya mata gergaji urutan genap akan bengkok ke kiri dan mata gergaji urutan ganjil bengkok ke kanan. Sudut ini juga tidak ditentukan setrik acak. terdapat alat khusus untuk mengatur sudut mata gergaji yang disebut Gripper (paling tidak itu istilah yang saya ketahui).

Gripper membengkokkan mata gergaji satu persatu sehingga terdapat ruang gerak untuk bilah gergaji pada waktu gerakan menggergaji. Lebih besar sudut yang dihasilkan lebih besar lebar garis potong pada kayu.


Apabila sudut mata gergaji terlalu kecil pada lebar bilah gergaji akan membuat bilah gergaji terjepit pada waktu gerakan menggergaji dan alasannya ialah besarnya ukiran antara bilah gergaji dengan sisi kayu yang dibelah/dipotong sehingga timbul bekas hitam menyerupai terbakar atau mengkilap yang sanggup membuat proses finishing kurang memuaskan.

Tips Cara Mengasah Gergaji Potong dengan benar.

  1. Siapkanlah alat pengasah gergaji, yaitu kikir. Kikir ialah alat perkakas tangan yang mempunyai kegunaan untuk abrasi benda kerja. Kegunaan kikir pada pekerjaan penyayatan untuk meratakan dan menghaluskan suatu bidang, membuat rata dan menyiku antara bidang satu dengan bidang lainnya, membuat rata dan sejajar, membuat bidang-bidang berbentuk dan sebagainya.
  2. Asahlah dengan menggesekkan kikir ke setiap mata gergaji , yaitu digesekkan di kedua sisinya. Dengan posisi kikir miring kira - kira 30 derajat. 
    Bagaimana Cara Mengasah Gergaji Yang Baik dan Benar Teknik dan Cara Mengasah Gergaji Agar Tajam dan Awet
  3. Untuk urutan mata gergaji yang diasah, dan sisi mana saja yang dikikir, semoga lebih jelas, lihat gambar deskripsi berikut. Kita bagi gergaji kita menjadi dua sisi, sisi A dan sisi B. Lalu setiap mata gergaji kita beri nomor urut 1,2,3,4,dan seterusnya. Pertama, kita ke sisi A, kita asah dengan kikir mata gergaji no 1,3,5,dan seterusnya.
    Bagaimana Cara Mengasah Gergaji Yang Baik dan Benar Teknik dan Cara Mengasah Gergaji Agar Tajam dan Awet
    urutan mata gergaji yang diasah
    Kemudian kita balik ke sisi sebelahnya sisi B, yang kita asah/kikir ialah mata gergaji no 2,4,6, dan seterusnya.  
    urutan mata gergaji yang siasah di sisi B

  4. Kita kembali ke sisi A gergaji. Kita renggangkan keluar mata gergaji 1, 3, 5,  Yaitu kita renggangkan /bengkokkan ke arah sisi B. Anda sanggup menggunakan pemberian pelat besi untuk merenggangkan mata gergaji. Cukup anda renggangkan 0,5mm - 1mm saja. Kalau terlalu dipaksakan renggang, malah sanggup patah mata gergajinya.
    Bagaimana Cara Mengasah Gergaji Yang Baik dan Benar Teknik dan Cara Mengasah Gergaji Agar Tajam dan Awet
    merenggangkan mata gergaji dengan pelat besi (menggiwari)
    Bagaimana Cara Mengasah Gergaji Yang Baik dan Benar Teknik dan Cara Mengasah Gergaji Agar Tajam dan Awet
    mata gergaji yang direnggangkan
  5. Menuju sisi B gergaji. Lakukan hal yang sama. Kita renggangkan mata gergaji 2, 4, 6, dst . Kita bengkokkan sedikit ke arah sisi A. Gunakan pelat besi untuk melakukannya.  Cukup anda renggangkan 0,5mm - 1mm saja. Kalau terlalu dipaksakan renggang, malah sanggup patah mata gergajinya.
Sumber http://www.tentangkayu.com dan sumber lainnya

0 Response to "Teknik Dan Cara Mengasah Gergaji Semoga Tajam Dan Awet"

Total Pageviews