Latest News

Mengenal Beras Angkak Dan Keuntungannya Dalam Pengobatan Alami


Beras Angkak, Obat Herbal Tradisional Untuk Demam Berdarah, Hipertensi, Kolesterol dan Menjaga Daya Tahan Tubuh, Adakah Efek Sampingnya?

Angkak, red fermented rice, red kojic rice, red koji rice, atau ang-kak, yaitu beras putih jenis tertentu yang dibiakkan dengan sejenis ragi khusus selama beberapa hari sehingga mengubah warna beras menjadi merah. Kandungan yang terpenting yang terdapat dalam beras angkak yaitu HMG-CoA (monacolin/lovastatin/statins) yang diakui sangat effektif untuk menurunkan kolesterol jahat LDL dan Trigliserida. Effektifitas dari manfaat beras angkak untuk menurunkan kolesterol telah diuji setrik klinis oleh lebih dari 17 riset di Tiongkok. Sedangkan Universitas Kedokteran UCLA di Amerika juga telah melaksanakan riset yang menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi 2.4 gram angkak setiap hari bisa menurunkan setrik konkret tingkat kolesterol Total dan LDL dalam 12 minggu.
Beras angkak menjadi terkenal semenjak diketahui bisa untuk mengobati penyakit demam berdarah yaitu bisa menaikkan jumlah trombosit penderita demam berdarah dengan cepat. Angkak atau biasa disebut dengan beras merah cina bersama-sama yaitu beras putih biasa namun sudah di fermentasikan dengan sejenis ragi khsusus yaitu cendawan Monascus purpureus. sehingga beras yang semula berwarna putih berubah warna menjadi merah gelap.

Ada beberapa kandungan zat di dalam angkak yang sangat mempunyai kegunaan bagi kesehatan tubuh. Manfaat angkak yang terkenal sebagai obat tradisional tidak terlepas dari zat-zat penting yang terkandung di dalam angkak.

Angkak mengandung serat, karbohidrat, dan protein. Selain itu, di dalam angkak juga mengandung lovastatin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Lovastatin yaitu zat di dalam angkak yang menyerupai dengan obat jantung.

Di cina angkak ini sudah dikenal semenjak ratusan tahun silam, di kenal mulai dari dinasti ming. Dan oleh masyarakat disana beras angkak ini biasa dijadikan adonan bumbu rempah kuliner dan sebagai obat herbal tradisional bagi kesehatan mereka, Sedang masyarakat Taiwan menentukan meminumnya dalam bentuk anggur beras. Angkak ini di negeri paman sam Dikenal dengan nama Red Yeast Rice, sekarang beras angkak mulai terkenal oleh masyarakat kita dan banyak dijual dalam bentuk kapsul sebagai obat herbal demam berdarah.

Seorang hebat pakar pengobatan dari cina berjulukan Wililiam Adi Teja mengungkapkan untuk obat demam berdarah dengan beras angkak semoga menerima hasil yang maksimal sebaiknya dikombinasikan dengan obat-obatan yang bersifat sejuk,seperti buah-buahan yang mempunyai kadar air tinggi. Karena demam berdarah bersifat panas dan lembab. Sedang angkak mempunyai sifat sebaliknya yaitu anggun dan hangat, sehingga sangat cocok untuk dikombinasikan. Angkak juga dinyatakan bisa sebagai obat sakit perut (gangguan pencernaan dan diare), sirkulasi darah, serta bagi kesehatan limpa dan lambung.
Bahaya dan Efek Samping Angkak
Meskipun mempunyai beberapa manfaat, ternyata angkak juga mempunyai beberapa efek samping yang seharusnya dihindari. Kandungan lovastatin di dalam angkak memang baik untuk jantung tetapi ini bisa mengakibatkan efek samping pada ibu hamil. Lovastatin di dalam angkak bisa membahayakan kondisi janin dan kehamilan. Studi memperlihatkan pengonsumsian angkak pada hewan yang sedang hamil bisa mengakibatkan cacat ketika lahir.

Di samping itu, ibu menyusui juga sebaiknya tidak mengonsumsi angkak. Meskipun belum diketahui dampak angkak terhadap kualitas air susu ibu , menghindari konsumsi angkak pada ibu menyusui akan lebih kondusif untuk bayi. Efek samping angkak juga bisa memicu terjadinya reaksi alergi menyerupai gatal-gatal, ruam kulit, sulit bernapas, sakit kepala, mual, dan muntah. Anda pun perlu waspada alasannya angkak bisa menurunkan imunitas kalau dikonsumsi berlebihan.

Beberapa efek samping angkak yang cukup sering terjadi di antaranya yaitu sakit perut, perut kembung, dan duduk kasus otot. Manfaat angkak memang baik untuk hati tetapi kandungan lovastatin di dalam angkak bisa mengakibatkan kerusakan hati.

Macam-macam Manfaat Angkak

Sebagai materi pewarna alam. Angkak seringkali dimanfaatkan sebagai materi pewarna alami pada beberapa jenis makanan, terutama kuliner yang mengandung unsur tionghoa. Salah satu jenis kuliner yang cukup dikenal kalangan masyarakan tionghoa yaitu babi panggan merah. Proses pengolahannya menggunakan air hasil rendaman dari angkak, yang memperlihatkan efek warna meraha pada hidangan yang sering muncul pada perayaan imlek tersebut. Selain itu, anda juga sanggup memanfaatkan warna merah dari angkak untuk keperluan pewarna alami lainnya, menyerupai pemuatan kue, camilan, dan sebagainya.

Meningkatkan kesehatan jantung. Kemampuan angkak untuk menurunkan kadar lipid darah yang negatif (trigliserida dan kolesterol LDL) dan meningkatkan kadar lipid darah yang baik (kolesterol HDL) sudah cukup menjaga kesehatan jantung. Manfaat angkak untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung semakin lengkap alasannya kandungan lovastatin yang ada di dalam angkak. Zat lovastatin sangat baik untuk menurunkan risiko dan mengatasi duduk kasus serangan jantung. Selain itu, angkak juga bisa meningkatkan kelenturan pembuluh darah sehingga berdampak positif pada tekanan darah dan sistem kardiovaskular. Penggunaan angkak pun bisa mencegah pembuluh darah menjadi kaku.

Memperkuat fungsi dari limpa. Limpa merupakan salah satu organ penting di dalam badan yang berfungsi untuk menguraikan sel darah merah yang telah rusak, serta menyaring senyawa – senyawa gila yang masuk ke dalam tubuh. Dengan fungsiya yang dimaksimalkan dan diperkuat oleh larutan angkak, maka badan anda akan terhindar dari penimbunan sisa – sisa sel darah yang telah rusak serta senyawa – senyawa gila yang masuk ke dalam tubuh.

Mengendalikan kadar gula darah. Tidak hanya berdampak pada jantung, pengonsumsian angkak baik sebagai suplemen, kuliner pokok, ataupun obat tradisional ternyata bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah semoga selalu dalam batas normal. Anda telah mengetahui sebelumnya kalau angkak bisa menurunkan kadar kolesterol LDL, meningkatkan kadar kolesterol HDL, dan mengontrol tekanan darah. Di samping itu semua, manfaat angkak juga bisa mengontrol kadar gula darah yang berdampak positif bagi perbaikan metabolisme tubuh.

Manfaat ini bisa mencegah terjadinya sindrom metabolik alasannya kadar lipid darah, kadar gula darah, dan tekanan darah selalu bisa terkendali dengan baik dan dalam batas normal. Hal ini bisa membuat Anda terhindar dari banyak sekali komplikasi penyakit.

Baik untuk penderita demam berdarah. Manfaat angkak yang paling utama yaitu untuk mengobati demam berdarah dan sudah sangat terkenal di pelosok dan penjuru dunia. Demam berdarah merupakan suatu kondisi demam, dimana kandungan trombosit dari si penderitanya mengalami penurunan setrik drastic. Kondisi ini akan sangat berbahaya, alasannya sanggup mengakibatkan akhir yang fatal, salah satnya yaitu kematian. Namun, anda tidak perlu khawatir, untuk meningkatkan jumlah trombosit di dalam badan penderita demam berdara, anda sanggup memanfaatkan angkak. Angkak mempunyai kandungan yang setrik alami bisa untuk meningkatkan jumlah trombosit di dalam badan penderita demam berdarah. Berikut ini trik mengolah angkak untuk menaikkan jumlah trombosit :
  • Rendam segenggam angkak dalam satu gelas air matang
  • Diamkan selama beberapa jam sampai airnya menjadi merah pekat
  • Minum air rendaman angkak tersebut.
Menurunkan hipertensi. Hipertensi atau tekanana darah tinggi merupakan salah satu kondisi medis yang cukup mengganggu dan membawa banyak efek jelek bagi anda yang mengalaminya. Berikut ini yaitu beberapa efek jelek dari hipertensi antara lain Stroke, Penyakit jantung, Diabetes, Praktis dan cepat , merasa marah, Praktis pusing dan sakit kepala. Untuk menurunkan tekanan darah anda yang sedang naik, maka disarankan untuk mencoba mengkonsumsi angkak. Angkak mempunyai kandungan yan sanggup menurunkan tekanan darah anda, sehingga tanda-tanda – tanda-tanda dari hipertensi yang biasa anda alami sanggup berkurang. Caranya sama menyerupai trik diatas, yaitu dengan meminum air hasil rendaman angkak, setrik teratur setiap harinya.

Menjaga kadar kolestrol. Angkak mempunyai manfaat yang baik untuk menghambat pembentukan enzim HMG-CoA Reductase yang merupakan enzim yang sanggup melaksanakan sintesi terhadap kolestrol. Dengan manfaat ini, maka kadar kolestrol yang ada di dalam badan akan terjaga, dan anda sanggup terhindar dari resiko naiknya kolestrol di dalam badan anda. Dengan kadar kolestrol yang terjaga maka anda akan terhindar dari efek jelek yang ditimbulkan oleh penyakit kolestrol, menyerupai Asam urat, Diabetes, Serangan jantung.

Mengobati disentri dan gangguan pencernaan. Manfaat lain dari angkak yang patut anda ketahui ialah angkak bisa mencegah dan mengobati kondisi gangguan pencernaan dan disentri. Biasanya gangguan pencernaan dan disentri ini mempunyai tanda-tanda – tanda-tanda menyerupai Sulit buang air besar dan buang air kecil, Sakit dan mulas pada pecahan perut, Feses menjadi encer, Frekuensi buang air besar dan buang air kecil yang tidak normal dan tidak teratur. Ketika anda mulai mencicipi tanda-tanda – tanda-tanda tersebut, maka ada baiknya anda mengkonsumsi air rendaman angkak dan meminumnya selama anda masih mencicipi tanda-tanda – tanda-tanda tersebut.

Meningkatkan daya tahan tubuh. Angkak juga diyakini sanggup menjadi solusi bagi anda yang mengalami penurunan daya tahan tubuh, alasannya sanggup meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh. Dengan meningkatnya imunitas dan daya tahan tubuh, maka anda sanggup terhindar dari banyak sekali macam penyakit, terutama penyakit yang menyerang daya tahan tubuh.

Diolah dari banyak sekali sumber

0 Response to "Mengenal Beras Angkak Dan Keuntungannya Dalam Pengobatan Alami"

Total Pageviews