Latest News

Mengenal Jenis Wader, Ikan Air Tawar Yang Banyak Disuka

Ikan Wader

Apa Yang Dimaksud Dengan Ikan Wader? Apa Manfaatnya?

Ikan Wader ternyata merupakan kelompok yang terdiri atas beberapa jenis ikan, bahkan sanggup berasal dari genus yangberbeda, antara lain dari genus Rasboradan Puntius. Wader bintik-dua ialah sejenis ikan kecil anggota suku Cyprinidae anak-suku Cyprininae. Ikan ini menyebar di Indonesia bab barat (Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Lombok), Indocina, dan Filipina.
Wader, Ikan Kali Yang Masuk Restoran. Ikan wader awalnya hanyalah kuliner orang pinggiran di desa-desa, bahkan belum dewasa kecil terbiasa menangkap wader di sungai-sungai yang ketika itu banyak populasi wadernya. Seiring waktu maka gaung ikan wader jadi terkenal kemana-mana dan menjadi salah satu favorit masakan yang berbahan dasar ikan air tawar. Bahkan belakangan ini dengan banyaknya warung makan dan restoran yang menyajikan sajian wader ini, dipasaran ikan ini jadi agak susah didapatkan alias sudah agak langka. Potensi ini bekerjsama bisa menjadi peluang pasar untuk bisa membudidayakan ikan wader ini.

Jenis-jenis ikan konsumsi yang pada ketika ini sanggup dibudi-dayakan jumlahnya sangat banyak. Namun masih terdapat lebih banyak lagi jenis-jenis ikan yang belum terkenal untuk dibudidayakan. Hal ini terjadi alasannya ialah isu potensi dan peluang budidayanya masih sangat sedikit.

Ikan wader ialah jenis ikan air tawar yang mempunyai ukuran kecil dengan rata-rata berkisar 100 mili meter hingga hingga 170 mili meter yang dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan spotted barb. Di wilayah indonesia sendiri ikan wader menyebar cukup luas dimulai dari kawasan kalimantan, bali, jawa, sumatra hingga ke lombok.
Ikan air tawar yang ketika ini banyak dibudidayakan, antara lain ikan mas, nila,gurameh, tawes, patin, belut, dan lele. Jenis-jenis tersebut digemari masyarakat dan telah di budidayakan setrik luas oleh petani ikan. Di samping itu masih terdapat jenis-jenis ikanlokal yang juga digemari masyarakat, namun hingga ketika ini, belum dibudidayakan setrik luas. Ikan wader di alam liar memakan semua kuliner yang ada di alam alias omnivora. Ia makan aneka macam jenis kuliner menyerupai telur ikan lain, lumut dan aneka macam jenis serangga air. Ikan ini termasuk ikan yang rakus bahkan besifat karnivora alasannya ialah ia juga makan telur ikan wader lainnya yang ada di perairan.

Salah satu diantaranya ialah kelompok ikan yang dalam Bahasa Jawa dikenal dengannama “ikan wader”. Permintaan pasar akan ikan ini sangat tinggi, sehingga sangat potensial untuk dibudidayakan.

Selama ini, ikan wader ditangkap eksklusif dari habitat alami, sehingga ketersediaannyadi pasaran sulit dipastikan dan harganya tidak stabil. Di samping itu, penangkapan ikanwader setrik terus menerus di alam sanggup mengganggu ekosistem, dimana populasinya semakin menyusut dan kelestariannya terancam.
Manfaat ikan Wader Bagi Kesehatan:
  • Tinggi Protein. Ikan wader ialah salah satu dari jenis ikan mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi di dalam dagingnya, sama menyerupai halnya dengan kandungan ikan yang lain. Dengan mengonsumsi ikan yang mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi ini, tentu saja sangat mempunyai manfaat untuk kesehatan pada badan kita contohnya saja bisa meningkatkan sistem daya tahan badan dan meningkatkan masa pertumbuhan pada otot.
  • Tinggi Zat besi. Daging dari ikan wader ini mempunyai kandungan zat besi yang sangat tinggi, hal ini menyebabkan ikan wader tersebut sangat baik bagi kesehatan badan apabila mengonsumsinya. Seperti yang sebelumnya kita ketahui jikalau kandungan zat besi yang ada pada ikan wader ini sangat bergunan dan baik untuk masa pertumbuhan pada tulang dan sanggup menjaga tulang dari aneka macam jenis gangguang yang sering kali terjadi menyerupai terjadinya pengeroposan tulang atau yang biasa disebut dengan osteoporosis.
  • Mengandung Asam lemak omega 3. Selain mempunyai rasa yang nikmat, ikan wader ini ini juga mempunyai kandungan asam lemak omega 3 sama menyerupai dengan jenis ikan lainnya. Dalam hal ini, asam omega 3 tentu saja sangat berkhasiat bagi kesehatan dan juga terhadap belum dewasa untuk meningkatkan fungsi syaraf dan perkembangan syaraf terhadap anak-anak.
  • Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh. Dalam penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya menyebutkan bahwa apabila seseorang yang mendapat asupan dengan jumlah protein yang tercukupi hariannya, di yakini bisa dan bisa meningkatkan sistem imun. Dengan demikian, untuk dari itu jangan ragu lagi untuk mengonsumsi jenis ikan wader ini alasannya ialah kaya akan protein yang dimana sangat bermanfaat dalam pencegahan basil dan virus. Selain itu, ikan wader ini sanggup dikonsumsi oleh semua kalangan baik belum dewasa hingga orang yang dewasa.
Ada isu bahwa sekarang ikan wader makin sulit diperoleh di alam, kalaupun ditemukan ukuran tubuhnya relatif kecil. Ikan wader ternyata merupakan kelompok yang terdiri atas beberapa jenis ikan, bahkan sanggup berasal dari genus yangberbeda, antara lain dari genus Rasboradan Puntius.

Setiap jenis mempunyai sifat yangberbeda, baik ukuran tubuh, kecepatan pertumbuhan, dan rasa dagingnya.

Ikan wader mempunyai potensi tinggi untuk dibudidayakan karena:

(1) harga jual cukup tinggi, bahkan harga per kilogramnya lebih tinggi dari pada beberapa jenis ikan konsumsiyang banyak dibudidayakan,

(2) masa pemeliharaan relatif pendek, hanya sekitar 6-8 minggu,

(3) tidak memerlukan lahan yang luas sehingga sanggup dipelihara dalam kolam yangsempit, serta

(4) sangat adaptif dengan lingkungan perairan lokal, dan relatif tahan terhadap goncangan lingkungan serta gangguan penyakit.

Ikan wader setrik umum tersebar di Indonesia (Sumatera, Jawa, Kalimantan, Lombok dan Bali), Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, Kamboja, Brunei Darusalam, hingga ke India dan sebagian China.

Wader (famili Cryprinidae) mempunyai aneka macam macam jenis. Di seluruh dunia diperkirakan terdapat lebih dari seratus jenis (spesies) wader dari sekitar belasan Genus.

Wader Pari atau Lunjar Padi (Rasbora argyrotaenia). Ikan wader pari atau lunjar padi biasa disebut juga sebagai wader, wader pari, lunjar andong (Jawa), cecereh, ikan cere (Betawi), paray (Sunda), pantao, seluang (Sumatera), seluang (Kalimantan).spesies wader pari atau lujar padi (Rasbora argyrotaenia).

Dalam bahasa Inggris ikan wader ini disebut sebagai silver rasbora sedangkan di Malaysia disebut Buntung, Londoi, Seluang, atau Waderpari. Dalam bahasa ilmiah (latin) dinamakan Rasbora argyrotaenia.

Ikan lunjar padi mempunyai panjang maksimal 17 cm . Tubuhnya berwarna kuning keemasan di bab atas dan berwarna putih keperakan di bab bawah.

Ikan wader pari atau lunjar padi biasa hidup di parit-parit yang dangkal hingga danau dan sungai yang mempunyai air jernih.

Klasifikasi ilmiah. Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Actinopterygii; Ordo: Cypriniformes; Famili: Cyprinidae; Genus: Rasbora; Spesies: Rasbora argyrotaenia

Wader Bintik Dua (Puntius binotatus). Wader bintik dua merupakan salah satu spesies wader yang dibeberapa kawasan di Indonesia biasa disebut sebagai beunteur (Sunda), wader cakul atau wader (Jawa), puyan (Banjar), tanah atau sepadak (Bengkulu). Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai spotted barb atau common barb. Sedang dalam bahasa Malaysia disebut Bunter, Putih, Tebal Sisek. Dalam bahasa ilmiah (latin) dinamakan Puntius binotatus.

Spesies wader bintik dua (Puntius binotatus)

Ikan wader bintik dua mempunyai ciri berukuran kecil-sedang dengan panjang total sekitar 10 cm. Meskipun jarang besar namun wader bintik dua bisa mencapai panjang 17 cm. Wader bintik ia mempunyai empat sungut kecil di ujung moncongnya. Tubuhnya berwarna abu-abu kehijauan atau keperakan dengan dua yang terdapat di pangkal sirip belakang dan di tengah batang ekor.

Ikan wader bintik dua biasa ditemukan bersama spesies wader lainnya mulaid ari pantai hingga kawasan berketinggian 2.000 meter dpl. Wader bintik dua menyukai air sdelokan dangkal, sungai bahkan danau yang lembap jernih.

Klasifikasi ilmiah. Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Actinopterygii; Ordo: Cypriniformes; Famili: Cyprinidae; Genus: Puntius; Spesies: Puntius binotatus

Jenis Wader Lainnya. Selain kedua jenis wader tersebut masih terdapat sekitar seratusan jenis wader di dunia. Tidak sedikit dari spesies tersebut yang merupakan spesies endemik. Beberapa jenis spesies wader diantaranya adalah:
  • Rasbora argyrotaenia (Silver Rasbora)
  • Rasbora aurotaenia (Pale Rasbora)
  • Rasbora baliensis
  • Rasbora bankanensis
  • Rasbora beauforti (Spotlight Rasbora)
  • Rasbora einthovenii (Blue Line Rasbora)
  • Rasbora jacobsoni
  • Rasbora kalbarensis (Kalbar Rasbora)
  • Rasbora sumatrana (Sidestripe Rasbora)
  • Rasbora tawarensis
  • Rasbora tobana
  • Puntius bantolensis
  • Puntius javanicus
  • Puntius binotatus
Ikan wader pada umumnya dimanfaatkan untuk dikonsumsi setrik lokal sebagai lauk. Beberapa warung makan di Jawa dan Kalimantan ada yang menyebabkan wader sebagai sajian utamanya. Rata-rata wader yang dikonsumsi merupakan hasil tangkapan dari alam liar karena masih sangat jarang yang membudidayakan ikan kecil ini. Padahal di luar negeri, konon, ikan ini telah mempunyai nilai komersial yang cukup tinggi sebagai ikan hias.


Sumber alamendah.org dan sumber lainnya

0 Response to "Mengenal Jenis Wader, Ikan Air Tawar Yang Banyak Disuka"

Total Pageviews