Latest News

Cara Gampang Menciptakan Ketupat Dari Janur Daun Kelapa

Panduan Singkat dan Mudah, Langkah-langkah Cara Membuat Ketupat Janur / Daun Kelapa "Step by Step"

Pucuk daun kelapa sudah usang dimanfaatkan masyarakat untuk membuat wadah ketupat dalam aneka macam bentuk. Dengan menganyam 2 lembar daun kelapa yang masih muda yang dikenal dengan sebutan janur, anda dapat membuat sebuah ketupat yang siap diisi beras dan dimasak untuk disajikan dikala hari raya dengan lauk opor ayam atau masakan lainnya. Bagaimana trik gampang membuat ketupat dari daun kelapa? Simak langkah-langkahnya dibawah ini.
Ketupat atau kupat ialah sajian khas Asia Tenggara bahari berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda (janur), atau adakala dari daun palma yang lain.
Cara Membuat Ketupat (photo by:http://relakssminda.blogspot.com)

Idulfitri sebentar lagi, sajian khas lebaran menanti, ketupat sayur dan opor ayam...hmmm sedapnya, betul..betul..betul..(jadi inget upin ipin hehehe...)
Janur (dari bahasa Jawa) ialah daun muda dari beberapa jenis palma besar, terutama kelapa, enau, dan rumbia. Janur biasa digunakan sejumlah suku bangsa di Nusantara sebagai alat kehidupan sehari-hari. Masyarakat suku Bali, Jawa, dan Sunda biasa memanfaatkan janur untuk dianyam.
Dulu saya masih suka membuat sendiri bungkus ketupat dari daun kelapa atau yang lebih dikenal dengan nama janur (Jawa). Daun kelapa yang dapat digunakan ialah daun yang masih muda yaitu yang diambil dari bab paling atas pohon kelapa, alias tunasnya jadi daun tersebut masih melekat pada satu tangkai.

Pemilihan daun kelapa muda ini bukan tanpa alasan, untuk membuat ketupat kita membutuhkan daun kelapa yang masih elastis sehingga gampang dibentuk. Daun yang sudah renta teksturnya sudah kaku dan gampang patah sehingga tidak anggun digunakan untuk membuat bungkus ketupat.

Hanya saja, kini sudah sangat jarang saya membuat bungkus ketupat sendiri, lebih banyak dikasih soalnya, sudah terima jadi hehe... tinggal menyantapnya.


Bahan dan Cara Memasak Ketupat
  • 1 liter beras (untuk 10 bungkus ketupat)
  • Garam sedikit saja
  • Cuci higienis beras, rendam dalam air plus sedikit garam selama lebih kurang 2 jam, tiriskan
  • Masukkan beras tadi kedalam ketupat isi hingga setengah penuh.
  • Setelah semua ketupat terisi beras, masak selama lebih kurang 4 jam
  • Setelah matang, segera siram dengan air cuek dan gantung ketupat.
  • Selesai...siap disantap setiap saat.
Tetapi tidak ada salahnya kalau anda yang belum dapat sama sekali membuat bungkus ketupat daun kelapa ini untuk mencobanya, triknya? Silahkan ikuti saja langkah-langkah pada gambar diatas. Selamat Berkarya!!!

0 Response to "Cara Gampang Menciptakan Ketupat Dari Janur Daun Kelapa"

Total Pageviews