Latest News

Madu Orisinil Atau Palsu, Ini Cara Membedakannya!

Cara Praktis Membedakan Madu Asli dan Palsu (Campuran)

Saat seseorang membeli madu tentunya sering bertanya-tanya apakah madu yang dibelinya orisinil atau palsu (campuran). Madu orisinil tentunya tidak diragukan lagi keuntungannya bagi kesehatan sementara madu palsu yang sering dicampur air gula atau adonan lainnya malah sanggup membahayakan kesehatan tubuh.
Banyaknya varian flora bunga yang terdpat di Indonesia menjadikan rasa madu yang dihasilkan tidak hanya satu jenis rasa saja. Jenis nectar yang dihisap akan memperlihatkan kekhasan pada madu yang dihasilkan, sehingga ada banyak jenis rasa madu yang ada. Seperti, madu bunga karet, madu bunga kapuk (randu), madu bunga klengkeng, madu bunga kaliandra, madu bunga jambu mede, madu bunga sonokeling, madu bunga kopi, madu bunga jambu air, madu bunga durian, madu bunga apel, madu bunga manga, madu bunga rambutan, madu bunga mahoni, dan madu bunga cengkeh. Apapun rasa madu asli, madu akan tetap bermanfaat bagi manusia, manfaat kesehaan untuk pengobatan dan kecantikan. Bagi Anda yang ingin mengkonsumsi madu untuk menjaga kesehatan tubuh, perlu kiranya Anda ketahui terlebih dahulu mengenai rasa madu asli. Karena rasa madu tidak selamanya hanya mempunyai rasa manis saja.
Sebenarnya ada banyak trik membedakan madu orisinil dengan madu palsu, tetapi ada beberapa trik yang sanggup anda pilih dan gampang dilakukan untuk mengetest madu yang anda beli benar-benar asli. Perlu juga dicatat madu yang orisinil mustahil akan dijual dengan harga yang murah mengingat untuk mendapat maupun menternakkan lebahnya membutuhkan usaha dan biaya yang tidak sedikit. Selain itu ketika memanen madu juga memerlukan usaha tersendiri.
Madu ialah cairan yang mirip sirup, madu lebih kental dan berasa manis kadang juga agak masam, madu dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga.

Kandungan GiziJumlah Per
Kalori (kcal) 304
Jumlah Lemak 0 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 4 mg
Kalium 52 mg
Jumlah Karbohidrat 82 g
Serat pangan 0,2 g
Gula 82 g
Protein 0,3 g
Vitamin A0 IUVitamin C0,5 mg
Kalsium6 mgZat besi0,4 mg
Vitamin D0 IUVitamin B60 mg
Vitamin B120 µgMagnesium2 mg

Cara Sederhana Memeriksa Keaslian Madu Lebah dan Membedakannya Dari Yang Palsu (Campuran):

Berbagai macam trik untuk membedakan antara madu orisinil dengan madu palsu atau adonan dibawah ini mungkin tidak semuanya benar 100%, masih perlu ada pengujian lagi setrik lebih teliti, tetapi minimal parameter keaslian madu sanggup terdeteksi dengan menggunakan aneka macam metode dibawah ini. Kita sanggup saja menggabungkan 2 - 3 trik dibawah ini untuk mengetes keaslian madu semoga lebih yakin dengan hasilnya, selamat mencoba!

1. Mengocok madu dalam botol pengemasnya. Madu orisinil biasanya sesudah mengalami proses pengocokan akan mengeluarkan buih, sedangkan madu palsu tidak. Karenanya ketika madu orisinil dalam botol, dia akan menekan tutup botol sehingga ketika tutup botol dibuka, maka akan terdengar bunyi letupan kecil. Letupan itu juga sanggup terjadi alasannya fermentasi yang menghasilkan gas.

2. Jika dirasakan madu orisinil tidak hanya terasa manis, tetapi juga agak masam.
Tidak semua rasa madu mempunyai rasa yang manis, alasannya terdapat rasa madu yang asam atau kecut. Perlu diingat kembali rasa asam pada madu dikarenakan oleh banyak sedikitnya kandungan propolis di dalam madu tersebut. Semakin asam rasa madu maka semakin bagus kualitas madu tersebut.

Karena semakin asam maka kandungan propolis madu didalamnya juga semakin banyak. Biasanya jenis madu mirip ini terdapat pada madu klanceng dan madu randu kapuk, namun hamper semua madu orisinil mempunyai rasa kecut atau asam.

Jika terdapat madu dengan tingkat rasa keasamannya tidak terlalu menonjol, berarti kandungan propolis didalamnya juga sedikit. Kandungan propolis di dalam madu inilah yang sangat membantu sebagai obat untuk penyubur kandungan.

Jangan mempunyai aliran bahwa madu dengan sedikit rasa asam berarti madu tersebut sudah basi, hal tersebut terang salah, alasannya ingat kan kalau madu orisinil tidak mengenal kata basi. Untuk menguji atau mengetahui keaslian madu orisinil atau palsu jikalau madu telah disimpan selama bertahun-tahun rasa asam pada madu tidak akan berubah. Biasanya jikalau rasanya hanya asam berarti itu madu yang sudah lama, sekitar setahun atau dua tahunan,

Tidak semua rasa madu mempunyai rasa yang manis, alasannya terdapat rasa madu yang asam atau kecut. Perlu diingat kembali rasa asam pada madu dikarenakan oleh banyak sedikitnya kandungan propolis di dalam madu tersebut. Semakin asam rasa madu maka semakin bagus kualitas madu tersebut.

Karena semakin asam maka kandungan propolis madu didalamnya juga semakin banyak. Biasanya jenis madu mirip ini terdapat pada madu klanceng dan madu randu kapuk, namun hamper semua madu orisinil mempunyai rasa kecut atau asam. Jika terdapat madu dengan tingkat rasa keasamannya tidak terlalu menonjol, berarti kandungan propolis didalamnya juga sedikit. Kandungan propolis di dalam madu inilah yang sangat membantu sebagai obat untuk penyubur kandungan.

Jangan mempunyai aliran bahwa madu dengan sedikit rasa asam berarti madu tersebut sudah basi, hal tersebut terang salah, alasannya ingat kan kalau madu orisinil tidak mengenal kata basi. Untuk menguji atau mengetahui keaslian madu orisinil atau palsu jikalau madu telah disimpan selama bertahun-tahun rasa asam pada madu tidak akan berubah. Biasanya jikalau rasanya hanya asam berarti itu madu yang sudah lama, sekitar setahun atau dua tahunan,

3. Meneteskan madu pada selembar kertas. Madu yang berkategori palsu biasanya akan lebih gampang diserap oleh kertas alasannya kadar air yang dikandungnya lebih tinggi dibanding madu asli. Selain itu intensitas rasa manis madu palsu akan terasa lebih “lengket” di lidah. Sebaliknya pada madu asli, selain rasa manis akan ditemukan pula rasa asam mengingat madu orisinil mempunyai tingkat keasaman (pH) sekitar 3,4 – 6,1.

4. Dengan meneteskan madu di air di atas piring kaca putih. Ketika piring digoyang ke kiri dan ke kanan, maka sebelum madu itu bercampur akan membentuk mirip sarang lebah. Semakin usang bentuk segi enam itu bertahan, berarti semakin baik nutrisi yang terkandung dalam madu tersebut alias madu asli. Semakin cepat bentuk segi enam itu memudar, maka jelaslah itu madu campuran, alasannya nutrisinya sudah jauh berkurang.

5. Menuangkan madu kedalam gelas yang berisi air dingin. Bila madu tersebut asli, maka madu tersebut akan pribadi jatuh kedasar gelas dan tidak berpendar. Disamping itu, salah satu ciri madu orisinil ialah ketika dimasukkan ke dalam air, madu tersebut tetap solid dan tidak membuat air menjadi keruh.

6. Menggunakan semut. Dengan trik ini, dipercaya bahwa semut akan mengerumuni madu palsu dan tidak tertarik pada madu asli. Namun trik ini tidak 100% benar. Pada dasarnya, sifat semut suka pada yang manis-manis, termasuk rasa manis yang ada pada madu. Madu orisinil pun sanggup saja dikerumuni oleh semut alasannya tertarik oleh wanginya. Madu yang kental akan lebih sulit dideteksi aroma manisnya oleh semut. Semakin kental madunya (kadar airnya sedikit) semakin sulit bagi semut untuk mendeteksi lokasi rasa manis madu tersebut alasannya molekul yang ada di dalam madu tetap utuh, tidak pecah. Sebaliknya, bila kadar airnya tinggi (di atas 20%), maka semut gampang menghampiri. Madu yang tidak dikerumuni semut ialah madu yang telah terfermentasi sehingga mengandung alkohol atau madu orisinil dari hutan.

7. Mengunakan telur. Kuning telur yang dicampur madu akan tampak matang. Yang bahwasanya terjadi ialah penggumpalan atau Koagulasi. Hal ini alasannya madu ialah asam dan kuning telur ialah protein. Protein yang dicampur dengan asam akan menggumpal, sehingga telur akan terlihat matang, yang bahwasanya ter-Koagulasi.

8. Menggunakan freezer atau kulkas. Apabila madu dimasukkan freezer tidak beku maka madu asli, bila beku maka bukan madu/madu capuran. Cara ini juga tidak 100% benar, alasannya ada beberapa madu yang jikalau dimasukkan freezer menggumpal dan ada beberapa yang tidak menggumpal. Seperti Madu kapuk dan Kaliandra, madu kapuk tidak akan mengkristal (beku) walaupun disimpan usang di kulkas, sedangkan madu kaliandra akan cepat mengkristal mirip gula. Kaprikornus jikalau membeli madu kapuk tapi madu tersebut mengkristal sanggup dipastikan madu itu palsu atau dicampur.

9. Menggunakan korek api. Batang korek api yang dimasukkan ke dalam larutan madu beberapa lama. Sesudah itu kita ambil dan korek tersebut kita pantikkan dengan kotak korek. Kalau korek tersebut masih sanggup menyala maka madu yang kita uji ialah asli. Cara ini banyak digunakan penjual madu di pasar-pasar. Cara ini belum teruji setrik kasatmata alasannya hingga ketika ini kami belum menemukan hasil penelitian yang merekomendasikan trik tersebut.

0 Response to "Madu Orisinil Atau Palsu, Ini Cara Membedakannya!"

Total Pageviews