Latest News

Cara Pemasteran Burung Cendet Muda Hutan

ZONATIPSINDONESIA. Edisi kali ini aku ingin membuatkan tips / trik pemasteran khusus untuk burung cendet muda hutan.
Sebelumnya dan sebagai catatan untuk perlu diketahui bahwa burung cendet muda hutan ketika mulai berbunyi / ngriwik biasanya sudah bisa membawakan banyak materi bunyi yang didapat ketika masih berada dihutan sebelum ditangkap, bahkan ada sebagian yang bisa membawakan lagu dengan baik / tidak cadel / pelo.

Berbeda sekali dengan trik pemasteran burung cendet dari anakan yang memang setrik rata rata sudah jinak, tentunya disini untuk perawatannya lebih mengutamakan proses penjinakan didalamnya. untuk cendet muda hutan memang ada juga pendapat bahwa burung cendet dari tangkapan liar susah untuk diberi masteran, pendapat itu ada benar dan ada tidaknya, tapi berdasarkan aku itu hanya duduk kasus waktu saja, tidak usah terburu buru untuk mendengarkan request lagu dari burung kita. Apalagi lagi lagu dengan roll roll yang panjang. Tentunya untuk burung cendet muda belum bisa untuk membawakanya,  tetapi dengan berjalannya usia burung, maka roll roll panjang pun akan bisa dikeluarkan. Selain itu semuanya bisa tergantung dari trik kita memaster burung cendet kita.
Sebenarnya sudah banyak yang membuat goresan pena perihal trik memaster burung. Disini aku akan sampaikan sebuah tips / trik untuk pemasteran khusus untuk cendet muda hutan.

1. MEDIA

Media yang paling dianjurkan dan efektif sebetulnya ialah pemasteran menggunakan burung orisinil / bunyi orisinil dari burung masteran sebab sifat burung cendet yang merupakan burung figter teritorial. Tetapi pemasteran menggunakan media mp3 juga tidak kalah anggun dikarenakan burung cendet ialah burung dengan aksara mimikri / sanggup menirukan bunyi lain, menyerupai teladan bunyi mainan anak, bunyi goresan gabus dll. 

Saran aku jikalau menggunakan media mp3 gunakan bunyi yang natural dan higienis minim noise.

2. SUARA

Pilih dulu satu bunyi apa yang akan kita jadikan andalan. Jenggot, cililin, gerja, dll terserah anda. Pilih salah satu saja. Bisa menggunakan media mp3 atau burung langsung. (disarankan menggunakan bunyi burung asli). Dengarkan 1 bunyi saja dulu untuk 15 hari s/d 1 bulan kedepan untuk bunyi tonjolan (jika menggunakan mp3)

Selanjutnya teman bisa berikan bunyi tabahan dari pilihan bunyi 1 sehingga bisa kita putar 2 pilihan bunyi yang menyambung. Begitu seterusnya hingga dengan teladan contoh bunyi burung cendet dengan speed rapat bisa anda berikan untuk bunyi masteran. Tapi tetap untuk bunyi burung pilihan 1 harus selalu ada /diperdengarkan. Dan pada dasarnya ialah bertahap, hingga nanti waktunya anda bisa berikan semua bunyi masteran pada ketika masa mabung / ganti bulu remaja sebagai pemantapan masteran.

3. WAKTU

Momen paling ampuh untuk masteran burung cedet sebetulnya variatif. Ada yang memberikan pagi sore malam dsb. Disini aku berbitrik pemasteran menggunakan media mp3, dan waktu paling efektif ialah setiap waktu alias kapan aja, kita bisa menyetelnya. Tapi berdasarkan pengalaman, aku lebih suka menentukan waktu malam s/d pagi hari. Karena burung cendet lebih sering melongo / konsentrasi untuk mendengarkan suara. Sedangkan untuk pagi S/D sore hari cendet akan dimaksimalkan untuk proses penjinakan.

Demikian tips / trik pemasteran burung cendet muda hutan. Semoga sanggup bermanfaat. 

"BERBAGI ITU HAPPY"

0 Response to "Cara Pemasteran Burung Cendet Muda Hutan"

Total Pageviews