Latest News

Manfaat Daging Bebek, Ayam, Burung Puyuh Dan Angsa

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daging Angsa, Ayam, Bebek dan Burung Puyuh Bagi Kesehatan
Banyak sekali jenis unggas yang sudah didomestikasi dan dipelihara insan setrik turun temurun. Beberapa jenis tersebut antara lain ayam, bebek, angsa dan burung puyuh. Ungas-unggas tersebut dimanfaatkan dagingnya dan juga telurnya. Daging dari banyak sekali macam jenis unggas tersebut ternyata memliki banyak manfaat bagi kesehatan dan sebagian diantaranya mempunyai manfaat yang sama sebagai sumber protein hewani. Berikut ini beberapa manfaat dari daging unggas yang dikumpulkan dari banyak sekali sumber.
Angsa yaitu burung air berukuran besar dari genus Cygnus famili Anatidae. Bebek dan Angsa berleher pendek juga terdapat di famili Anatidae. Angsa bersama angsa berleher pendek masuk ke dalam subfamili Anserinae namun Angsa mempunyai suku sendiri, yaitu suku Cygnini. Bebek Atau Itik yaitu nama umum untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek umumnya yaitu burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya, angsa dan angsa berleher pendek, dan sanggup ditemukan pada perairan air tawar maupun air laut. Ayam yaitu binatang aves atau unggas. bernafas dengan paru paru, tudak bisa terbang, mempunyai paruh, mempunyai 2 kaki yg fungsinya untuk mengais tanah agar bisa mencari makanan. Burung puyuh yaitu unggas daratan yang kecil namun gemuk. Mereka pemakan biji-bijian namun juga pemakan serangga dan mangsa berukuran kecil lainnya. Mereka bersarang di permukaan tanah, dan berkemampuan untuk lari dan terbang dengan kecepatan tinggi namun dengan jarak tempuh yang pendek.
Kandungan Gizi dan Manfaat Daging Bebek
Daging angsa yaitu salah satu sumber protein yang baik selain daging ayam dan daging sapi. Meski begitu, daging angsa juga populer dengan kandungan kolesterol yang tinggi. Lalu apakah makan daging angsa itu sehat? Sebelum mengetahui jawabannya, yuk ketahui dulu manfaat daging angsa dan kandungan gizinya di sini.

Kandungan nutrisi di dalam daging angsa

Daging angsa sebagai sumber protein yang mempunyai jumlah kalori yang tinggi dan kandungan lemak yang tinggi. Dalam 45 gram daging angsa (satu potong), terdapat sebanyak 7 gram protein, 150 kalori, dan 13 gram lemak. Jumlah ini setara dengan 45 gram daging ayam dengan kulit. Lalu apa saja zat gizi yang ada di dalamnya?

Protein
Dalam 100 gram daging angsa menyediakan 55 persen kebutuhan protein harian Anda.  Protein merupakan zat yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi protein yang paling utama yaitu sebagai zat pembangun tubuh. Protein juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh, untuk melawan infeksi.

Lemak
Konsumsi lemak jenuh mempunyai imbas lebih besar pada kadar kolesterol darah Anda daripada asupan kolesterol. Batasi asupan lemak jenuh Anda hingga tidak lebih dari 7-10 persen dari kalori harian Anda.

85 gram daging angsa yang dimasak tanpa kulit mengandung 4 gram lemak jenuh, dan mengandung 75 miligram kolesterol. Sementara, 85 gram daging angsa yang dimasak dengan kulit mengandung 8 gram lemak jenuh dan 70 miligram kolesterol. Ini sekitar 25 persen dari batas yang disarankan yaitu 300 miligram kolesterol per hari untuk orang cukup umur yang sehat. Jika Anda mempunyai penyakit jantung atau kolesterol tinggi, batasi asupan kolesterol harian Anda hingga 200 miligram per hari.

Contohnya, kebutuhan kalori Anda dalam satu hari yaitu 2.000 kalori. Maka 20 persen atau 40 persen dari asupan lemak jenuh yang disarankan pada hari itu, tergantung pada jenis daging angsa yang Anda.

Vitamin dan mineral
Daging angsa mengandung vitamin dan mineral yang berlimpah. Ini termasuk, zat besi, zink, selenium, vitamin B, kalium, dan fosfor.

Bahkan daging angsa menawarkan sumber zat besi yang sangat baik, yaitu zat besi heme. Ini merupakan kelompok zat besi yang sering ditemukan pada daging, tak hanya bebek, tapi juga pada sapi dan ayam, serta ikan. Zat besi ini lebih gampang diserap oleh tubuh Anda daripada zat besi non-heme yang ditemukan pada masakan nabati. Zat besi mengatur banyak sekali atrik metabolik, membantu mengatur pertumbuhan sel, dan membantu dalam produksi enzim tertentu.

Dalam daging angsa juga terdapat vitamin B12 dan B6. Vitamin B membantu tubuh Anda menghasilkan energi dari masakan yang Anda makan.

Selain itu, zink dan selenium merupakan komponen yang tidak sanggup ditinggalkan. Setiap mengonsumsi 3,5 gram daging angsa mengandung 1,9 miligram zink (yaitu 17% takaran yang dibutuhkan oleh laki-laki dan 24% takaran yang dibutuhkan oleh perempuan dalam satu hari) dan 14 mikrogram selenium. Keduanya sanggup berfungsi untuk meningkatkan sistem imun Anda.

Meski banyak yang menyampaikan bahwa daging ini jelek bagi kadar kolesterol tapi daging angsa tetap mempunyai manfaat bagi kesehatan. Bila dilihat dari kandungan gizinya, manfaat daging angsa yaitu untuk mencegah anemia, membantu meningkatkan sistem imun, serta sebagai sumber protein yang baik.

Bila Anda mempunyai kadar kolesterol yang tinggi, pilihlah daging angsa yang dimasak tanpa banyak menambah lemak atau tanpa kulit. Batasi konsumsinya, tidak lebih dari satu porsi angsa tanpa kulit per hari.

Hindari mengonsumsi angsa yang renyah, lantaran biasanya angsa ini digoreng dengan kulitnya. Bebek panggang atau rebus yaitu pilihan yang lebih baik daripada digoreng. Konsumsilah masakan yang rendah koleseterol dan lemak jenuh untuk masakan pendamping daging bebek.

Manfaat Daging Ayam
Dilansir dari Times of India, ini sekian manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi daging ayam.

Sumber Protein
Daging ayam yaitu sumber protein sehat yang bisa memenuhi kebutuhan protein harian. Protein bisa menggantikan karbohidrat untuk diubah menjadi energi dan berfungsi dalam membangun dan memelihara struktur dalam tubuh.

Obat anti-depresan alami
Ternyata daging ayam mengandung asam amino triptophan yang berfungsi menyerupai obat anti depresi, bisa meningkatkan kadar serotonin di otak, membantu melepaskan stres sehingga bisa meningkatkan suasana hati.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Imunitas
Sup ayam biasanya menjadi hidangan masakan melawan penyakit lantaran bisa pembangkit tenaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan dalam daging ayam mempunyai imbas positif melawan penyakit degeneratif menyerupai radang, kardiovaskular, dan neurologis.

Mengatur kadar kolesterol
Makan daging ayam tanpa lemak juga efektif mengendalikan kadar kolesterol dalam darah, terutama kolesterol jahat. Kandungan nutrisinya yang sehat bisa menjaga stabilitas kolesterol.

Merangsang atrik metabolik
Protein bukan hanya diubah menjadi energi namun juga berperan aktif menjaga metabolisme tubuh yang sehat.

Kandungan Gizi dan Manfaat Daging Angsa
Dibandingkan dengan unggas lainnya, angsa mempunyai panjang leher dan tubuh ukuran yang lebih besar juga. Demikian pula, kandungan gizi dalam daging bebek, dibandingkan dengan beberapa jenis lain dari unggas, angsa mempunyai kandungan gizi kesehatan untu baik. kandungan nutrisi di angsa meliputi:

Kandungan energi 354 kilokalori
Protein 16,4 gram
Lemak 31 gran
Kalsium 15 mg
188 miligram fosfor
Besi 2 miligram

Selain beberapa kandungan gizi, angsa juga mengandung vitamin menyerupai vitamin A, dan vitamin B. Berdasarkan konten yang ada di angsa, angsa mempunyai beberapa manfaat kesehatan.Burung yang sanggup berat hingga 26 kg senyawa ini dalam tubuh yang bermanfaat bagi kesehatan dan kehidupan manusia. Manfaat Goose dibedakan dengan pecahan tubuhnya, termasuk:

Daging Angsa
daging angsa bergotong-royong masih sedikit perdebatan, lantaran beberapa orang beropini bahwa daging angsa tidak baik bagi kesehatan. Namun, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, daging angsa mempunyai kandungan protein dari daging dan juga mempunyai struktur menyerupai minyak zaitun. Protein dalam daging angsa sanggup dikatakan lebih dari unggas lainnya. Protein dalam angsa mencapai 16, 4 gram. Mengkonsumsi angsa daging, sanggup memenuhi kebutuhan protein harian tubuh.

Selain mempunyai kandungan protein yang tinggi, manfaat dari daging angsa juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. daging daging angsa mempunyai struktur yang menyerupai dengan minyak zaitun. Minyak zaitun sendiri mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan jantung. Demikian pula, minyak zaitun, angsa struktur daging menyerupai dengan minyak zaitun juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan jantung.

Telur Angsa
Tidak hanya daging, telur angsa juga bermanfaat bagi kesehatan. daging angsa dibandingkan, konten angsa telur protein lebih tinggi, yaitu sekitar 20 gram. telur angsa juga mengandung zat besi dan vitamin A, yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

telur angsa juga mengandung kolesterol yang sanggup memenuhi kebutuhan kolesterol harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, angsa telur juga mengandung folat yang baik untuk menjaga kehamilan yang sehat untuk perempuan hamil. Direbus konsumsi angsa telur juga sanggup mempercepat proses yang sedang berlangsung pembuahan. Isi dari stimulasi telur angsa sanggup membantu dalam proses pembuahan janin. Ketika janin sudah tertanam, telur angsa sanggup menjaga asupan gizi janin, terutama untuk membantu perkembangan otak janin. telur angsa sanggup membantu otak janin untuk tidak terganggu oleh janin selama kehamilan dan sanggup menghindari cacat lahir.

Manfaat Daging Burung Puyuh Bagi Kesehatan

Bermanfaat Untuk Diet
Manfaat makan daging puyuh yang pertama yaitu baik untuk diet. Daging puyuh mempunyai tekstur daging yang lembut dan sedikit berserat. Selain itu daging puyuh mempunyai kandungan lemak tak jenuh sehingga Anda tidak usah ragu-ragu lagi dalam mengkonsumsi daging burung yang satu ini. Lemak tak jenuh sangat baik untuk mencegah kolestrol yang mengakibatkan penyempitan sel dalam darah dan sanggup mengakibatkan penyakit jantung. Lemak tak jenuh juga sangat baik sebagai hidangan diet untuk menurunkan berat badan.

Menjaga Imunitas Tubuh
Manfaat makan daging puyuh yang kedua yaitu meningkatkan kekebalan tubuh. Daging burung puyuh yang dikonsumsi setrik rutin akan meningkatkan system imun di dalam tubuh. Peningkatan imun ini sangat berfungsi dalam menjaga tubuh agar tidak gampang terjangkit penyakit. Selain itu juga bisa membasmi basil dan parasite yang masuk ke dalam tubuh.

Memperbaiki Jaringan Tubuh
Manfaat makan daging puyuh yang ketiga yaitu memperbaiki jaringan tubuh. Protein yang terkandung di dalam daging atau telur burung puyuh bisa membantu pembentukan sejumlah jaringan dan sel yang ada pada kuku, kulit dan rambut serta membantu meningkatkan produksi hormone dan enzim yang ada dalamtubuh.

Mencukupi Kebutuhan Energi
Manfaat makan daging puyuh yang keempat yaitu mencukupi kebutuhan energi. Burung puyuh juga mempunyai kandungan vitamin B2 yang bisa mengubah karbohidrat menjadi gula. Seperti yang telah diketahui bahwa gula sebagai materi energi alternatif yang diharapkan oleh tubuh.

Kesehatan Kulit, Tulang dan Mata
Manfaat makan daging puyuh yang kelima yaitu menjaga kesehatan kulit manusia. Burung Puyuh mempunyai kandungan vitamin E yang bermanfaat dalam memperlambat penuaan dini. Vitamin E pada daging telur puyuh sangat berperan penting dalam proses regenerasi kulit yang berlangsung setiap hari. Manfaat makan daging puyuh yang keenam yaitu memperkuat tulang manusia. Kandungan fosfor dan kalsium di daging burung puyuh sangat bermanfaat guna menjaga tulang agar tak keropos sehingga tidak terjadi osteoporosis. Manfaat makan daging puyuh yang ketujuh yaitu menjaga kesehatan mata. Kuning telur burung puyuh tidak hanya kaya kandungan protein, melainkan juga mempunyai kandungan lutein dan zeaksantin yang bermanfaat menjaga kesehatan retina mata. Kandungan tersebut melindungi mata dari efek jelek sinar biru yang masuk ke di dalam mata. Selain itu daging dan telurnya mempunyai kandungan vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan mata walaupun tidak sebanyak wortel.

Memberikan Nutrisi pada Otak dan Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat makan daging puyuh yang kedelapan yaitu Memberikan Nutrisi pada otak. Telur burung puyuh mempunyai kandungan kolin yang bermanfaat di dalam perkembangan otak. Kolin di dalam telur burung puyuh membantu kinerja syaraf otak sehingga meningkatkan daya ingat. Dengan rutin mengkonsumsi telur burung puyuh, Anda akan mempunyai daya ingat yang lebih baik. Manfaat makan daging puyuh yang kesembilan yaitu Menjaga kesehatan jantung. Kandungan protein pada daging dan telur puyuh membantu menyeimbangkan kolesterol yang masuk dalam tubuh. Oleh lantaran itu, mengkonsumsi daging dan telur burung puyuh baik bagi kesehatan jantung.

Mengatasi Gangguan Pernapasan dan Anemia
Manfaat makan daging puyuh yang kesepuluh yaitu mengatasi ganguan pernapasan. Konsumsi daging burung puyuh bisa mengatasi gangguan pernapasan yang dialami yakni menyerupai asma, tubercolusis, dan vegetative vascular dystrophy. Adapun binatang yang mempunyai kandungan yang sama di dalam mengatasi gangguan pernapasan yaitu daging kelelawar dan tupai. Manfaat makan daging puyuh yang kesebelas yaitu mengatasi anemia. Zat besi yang terkandung dalam burung puyuh berfungsi untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah. Zat besi bisa membantu produksi hemoglobin serta sel darah merah yang bermanfaat mengatasi kekurangan darah dalam tubuh.

Mencegah stroke dan Bagus Untuk Ibu Hamil
Manfaat makan daging puyuh yang keduabelas yaitu mencegah stroke. Stroke merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah pada otak. Penyakit stroke umumnya dipicu oleh tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah, stroke hingga gangguan pada jantung. Stroke termasuk penyakit yang sanggup menuebabkan kelumpuhan atau bahkan kematian. Maka dari itu, penyakit ini harus dicegah sedini mungkin, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi daging burung puyuh. Hal ini disebabkan lantaran daging puyuh bisa melancarkan kembali peredaran darah. Manfaat makan daging puyuh yang ketigabelas yaitu cantik untuk dikonsumsi ibu hamil. Daging puyuh memang kondusif dikonsumsi ketika hamil. Apalagi daging puyuh kaya akan kandungan nutrisi menyerupai protein, lemak, vitamin, dan mineral yang memang dibutuhkan tubuh. Terutama protein yang sangat baik untuk pertumbuhan otak janin dalam rahim.

0 Response to "Manfaat Daging Bebek, Ayam, Burung Puyuh Dan Angsa"

Total Pageviews