Latest News

Macam-Macam Jenis Cabai, Nutrisi Cabai Dan Tingkat Kepedasannya

Cabe Memiliki Tingkat Kepedasan Yang Berbeda-beda, Cabe Apa Yang Paling Pedas Di Dunia? Apa Manfaat Cabai Bagi Kesehatan?

Ternyata cabai ialah salah satu jenis kuliner yang banyak disukai orang hampir diseluruh cuilan dunia. Rasanya yang pedas katanya bikin kapok tetapi terus ingin mengulang untuk memakannya lagi sehingga muncul istilah "kapok lombok". Jenis tertentu cabai mempunyai tingkat kepadasan yang sangat tinggi hingga hanya orang-orang tertentu yang bisa menikmati dan menahan pedasnya cabai ini. Tahukah anda bila cabai ini juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan?
Cabai atau cabai merah ialah buah dan flora anggota genus Capsicum. Buahnya sanggup digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat terkenal di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan. Sangat sulit bagi kuliner Padang dibuat tanpa cabai.
CABAI. Cabai (Capsicum annum L) merupakan salah satu komoditas sayuran dan bumbu masak yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia lantaran mempunyai harga jual yang tinggi dan mempunyai beberapa manfaat kesehatan yang salah satunya ialah zat capsaicin yang berfungsi dalam mengendalikan penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada cabai sanggup memenuhi kebutuhan harian setiap orang, namun harus di konsumsi secukupnya untuk menghindari nyeri lambung.

Kandungan Nutrisi dan Kimiawi Dalam Cabai

Di dalam cabai terdapat zat Photochemical yang sanggup mengurangi sel kanker dan tumor. Bahan aktif dalam Capsicum (kelompok flora cabai), merangsang otak dan kelenjar ludah melepas endorfin ke dalam tubuh. Endorfin ialah obat penghilang rasa sakit alami alam dan memberi rasa senang. Capsicum juga merupakan materi utama untuk mengurangi arthritis dan kerusakan saraf diabetes. Dalam pengobatan tradisional misalnya, cabai setan di India digunakan untuk penyakit tangan dan kaki dingin, sakit otot punggung, rematik, terkilir dan memar.

Kandungan vitamin dalam cabe

  • Kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menguatkan imun tubuh.
  • Vitamin B6 yang terdapat pada cabai mempunyai tugas penting dalam metabolisme tubuh.
  • Vitamin K6 kuat pada pembekuan darah dan kesehatan tulang dan ginjal.
  • Potassium sanggup mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Copper merupakan elemen sisa antioksidan yang mempunyai fungsi bagi kesehatan neuron dan tulang yang kuat.
  • Beta karoten ditemukan pada cabai merah, dan ketika masuk ke dalam tubuh, beta karoten diubah menjadi vitamin A
  • Cabe sangat tinggi akan triktenoids antioksidan, sehingga sangat berkhasiat untuk aneka macam macam kesehatan tubuh.
  • Capsanthin ialah jenis triktenoids paling utama di cabai merah bahkan ditemukan kebih dari 50 persen total triktenoids yang bermanfaat untuk melawan kanker.
  • Violaxanthin ialah triktenoids antioksidan paling umum yang terdapat pada cabai kuning (di Indonesia jarang ditemui cabai kuning.
  • Lutein yang terdapat pada cabai hijau sanggup menghipnotis kesehatan mata. Usahakan untuk mengonsumsi cabai hijau yang belum matang, lantaran lutein yang ditemukan berlimpah, semakin ia matang maka tingkat kematangannya pun menurun.
  • Capsaicin befungsi untuk menawarkan rasa panas, diduga menawarkan aneka macam imbas kesehatan untuk tubuh, pun sanggup menangani aneka macam penyakt menyerupai gangguan serabut saraf, rasa sakit jawaban radang sendi, psoriasis, dan neuropati diabetes.
  • Synaptic aid ialah antioksidan, selain itu juga sebagai antikanker.
  • Ferulic acid merupakan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah penyakit kronis.
Selain itu cabai sangat terkenal di asia tenggara sebagai penguat rasa makanan, di Padang contohnya cabai dianggap sebagai materi kuliner pokok yang ke sepuluh sehabis sembako. Tanaman cabai banyak tumbuh di cuilan bumi khususnya di negara yang berada di sekitar garis khatulistiwa menyerupai Asia tenggara dan amerika latin, oleh lantaran itu cabai mempunyai varian yang banyak.

Macam dan Jenis - Jenis Cabai Serta Tingkat / Level Pedasnya

Jenis Cabe Rocoto
Cabe ini berbentuk hampir bulat, banyak ditemukan di Peru, Bolivia, Chile, Argentina Utara dan Ecuador. Daging cabai ini tebal menyerupai paprika, namun cabai ini sangat pedas dengan biji berwarna hitam. Rocoto sanggup tumbuh baik pada iklim sedang dan bahkan iklim cuek yang tidak mempunyai trend panas yang benar benar panas, ini ialah salah satu perbedaanya dengan cabai pedas yang lain. Kebanyakan rocoto berwarna merah, namun terdapat pula yang berwarna kuning dan oranye di Karibia dan Meksiko.

Jenis Cabe Datil Pepper
Cabe ini banyak diproduksi si St. Augustine, Florida, yang aslinya dibawa dari Cuba pada tahun 1880 oleh seorang pembuat jelly berjulukan S.B Valls. Kalau dilihat lihat bentuknya menyerupai mirip cabai rawit merah yang kadang disebut rawit domba, atau juga cabai Tom Yum.. Mungkin memang masih saudara bersahabat dengan ini, dan memang rawit merah lebih pedas dari rawit biasa.

Chilli Tepin
Chilli tepin ialah cabai liar yang tumbuh terutama di Amerika Tengah, Meksiko dan baratdaya USA. Kadang disebut sebagai “ibu dari semua cabe” lantaran dianggap sebagai spesies Capsicum annuum yang tertua. Nama Tepin berasal dari bahasa Nahuatl yang artinya “kutu”. Pada tahun 1997, orang Texas menamai Tepin sebagai “cabe resmi orisinil dari Texas”, dua tahun sehabis Jalapeno menjadi cabai resmi di Texas.

Bishop Crown Pepper
Mungkin ini salah satu cabai yang bentuknya paling gila yang pernah ada, cabai ini dikenal juga dengan nama Peruvian Hot Pepper.

Red Savina Pepper
Scoville rating : 350.000-580.000 Cabe ini ialah varietas khusus dari cabai Habanero, yang dikembangbiakkan khusus semoga menerima cabai yang lebih pedas, besar dan berat. Frank Garcia di Walnut, California ialah pengembang cabai Red Savina ini. Metodenya masih diam-diam dan tidak diketahui umum. Cabe ini memegang rekor sebagai cabai terpedas di dunia dari tahun 1994 hingga 2006 dan dicatat oleh Guinness World Records. Namun pada Februari 2007, cabai ini harus dikalahkan oleh bhut jolokia.

Thai Pepper
Scoville rating : 50.000–100.000
Thai Pepper dalam bahasa Indonesia. Cabe Rawit, Sunda. Cengek, Thailand Thai. Cabe ini banyak terdapat di Thailand dan tetangganya menyerupai Kamboja, Vietnam, Indonesia, dan sekitarnya. Ternyata orang Indonesia memang kuat pedas, buktinya cabai yang biasa “dimakan” sehari-hari saja berada di urutan ke-4 cabai terpedas.

Cayenne atau Guinea Pepper
Scoville rating : 30.000-50.000 Cabe ini namanya Cayenne atau Guinea Pepper atau Bird Pepper. Cabe ini ialah cabai merah yang pedas, digunakan untuk bumbu kuliner ataupun untuk keperluan medis. Namanya berasal dari kota Cayenne di French Guiana. Cabe ini digunakan untuk kuliner pedas, baik dalam bentuk utuh ataupun bubuk. Bahkan cabai ini juga digunakan untuk herbal.

Serrano Pepper
Scoville rating : 10.000-23.000
Cabe ini juga dari Meksiko, di tempat pegunungan Meksiko. Rasa pedasnya menggigit, lebih pedas dari jalapeño, dan biasanya dimakan mentah – mentah. Bentuknya memang menyerupai dengan cabai rawit dari Indonesia, tapi ini ialah spesies yang berbeda.

Anaheim Pepper
Nama Anaheim bekerjsama ialah nama sebuah daerah. Nama itu diberikan lantaran ada seorang petani berjulukan Emilio Ortega yang membawa benih cabai ini ke tempat Anaheim pada awal tahun 1900. Sebutan lainnya ialah California Chile atau Magdalena. Varietas cabai ini yang tumbuh di New Mexico mempunyai tingkat kepedasan yang lebih tinggi, yaitu sekitar 4500 hingga 5000 Scoville units.

Pimento atau cabai cheri
Pimento atau cabai cheri ialah cabai yang besar, merah berbentuk menyerupai hati, panjang antara 7 – 10 cm lebar 5-7 cm. Daging buahnya termasuk manis, berair, dan lebih beraroma dibandingkan dengan paprika merah. Namum beberapa varietas dari pimento ini cukup pedas. Pimento atau pimentão sendiri ialah bahasa Portugis dari “bell pepper”.

Bell Pepper atau Paprika
Bell pepper atau umumnya disebut Paprika ini biasanya terdapat dalam 4 warna, yaitu merah, kuning, hijau, oranye. Bell Pepper kadang dikelompokkan ke dalam cabai yang kurang pedas atau “sweet peppers”. Namun terdapat paprika langka berwarna putih dan ungu, tergantung dimana mereka ditanam dan dari varietas apakah mereka. Paprika hijau berasa lebih pahit dibandingkan dengan paprika merah, kuning atau oranye.

Cabai Gendol / Gendot, Habanero (Capsicum chinense)
ialah salah satu spesies cabai dari Capsicum. Cabai ini berasal dari semenanjung Yucatan. Cabai ini sangat pedas bahkan melebihi pedas cabai rawit. Tingkat kepedasan cabai habareno mencapai 100.000-350.000 skala Scoville. Di Indonesia Cabai jenis ini di jawa barat dinamakan Cabai Gendot atau Cabai Bendot sedang di jawa tengah dinamakan Cabai Gendol. Dinamakan cabai gendol lantaran bentuk cabai ini yang abses atau mengembung.

Untuk penanaman di Pulau Jawa sendiri persebaran cabai ini sebatas perkebunan di sekitar bandung dan di sekitar dieng Jawa Tengah. Penghasil cabai gendol yang terbesar di dunia ialah Meksiko, yang tumbuh di Yucatan, Campeche, dan Quintana Roo, meskipun ada perkebunan komersial di Belize, Kosta Rika, Texas dan California

Cabai Setan
ialah cabai terpedas di dunia. Cabai ini berasal dari timur maritim India (Assam, Nagaland dan Manipur ) dan Bangladesh. Pada tahun 2006 diumumkan oleh Guinness World Records sebagai cabai terpedas di dunia dengan tingkat kepedasan mencapai 1.001.304 skala Scoville. Hal ini berarti jauh lebih pedas dari cabai rawit. Bentuk cabai ini keriput dan ukurannya gemuk kecil. Penduduk Assam percaya bahwa banyak makan cabai Bhut Jolokia sanggup membantu memerangi penyakit rematik, kanker, rematik, osteoporosis, menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Cabe sendiri mengandung vitamin A, C, Kalium, Magnesium, dan Besi yang membantu mencegah penggumpalan darah, menghilangkan plak dari arteri, menyembuhkan luka, dan menangkal flu.

Cabai Jalapeño ( Capsicum annuum )
merupakan cabai yang berasal dari Meksiko. Cabai ini mempunyai rasa pedas yang kuat menggigit. Karena itu biasanya dijual dalam bentuk acar dalam kemasan botol kaca. Tiriskan cabai hingga agak kering kemudian cincang kasar. Cabai jenis ini mempunyai tingkat kepedasan 2.500 - 8.000 Skala Scoville. Nama Jalapeno ini diambil dari nama ibu kota Veracruz, Meksiko.

Cabai merah Besar (Capsicum annuum L.)
merupakan salah satu jenis sayuran yang memilki nilai ekonomi yang tinggi. Cabai mengandung aneka macam macam senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan manusia. Sun et al. (2007) melaporkan cabai mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga badan dari serangan radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan ini ialah pada cabai hijau. Cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sebagai zat anti kanker.

Cabai Keriting
merupakan salah satu jenis sayuran yang memilki nilai ekonomi yang tinggi. Cabai mengandung aneka macam macam senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan manusia. Sun et al. (2007) melaporkan cabai mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga badan dari serangan radikal bebas.
Cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sebagai zat anti kanker (Kilham 2006 : Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai Numex Twilight (Bolivian Rainbow)
ialah salah satu varietas yang paling tidak biasa cabai dikembangkan di New Mexico State University (yang membuat semua "NuMex" . tumbuh sekitar 18 inci tinggi, dan berbuah diawali yang berwarna ungu, kemudian berubah ke kuning dan oranye, hingga menjadi merah bila sudah masak, menghasilkan imbas pelangi diatas daun tumbuhan nya yang hijau.

Cabai Rawit
ialah buah dan flora anggota genus Capsicum. Selain di Indonesia, ia juga tumbuh dan terkenal sebagai bumbu kuliner di negara-negara Asia Tenggara lainnya. Di Malaysia dan Singapura ia dinamakan cili padi, di Filipina siling labuyo, dan di Thailand phrik khi nu. Di Kerala, India, terdapat kuliner tradisional yang menggunakan cabai rawit dan dinamakan kanthari mulagu. Dalam bahasa Inggris ia dikenal dengan nama Thai pepper atau bird's eye chili pepper. Meskipun ukurannya lebih kecil daripada varietas cabai lainnya, ia dianggap cukup pedas lantaran kepedasannya mencapai 50.000 - 100.000 pada skala Scoville.
Cabe rawit bisa mengurangi kolestrol dalam darah dan level trigliserida. Penelitian yang dikutip oleh WHFood (The World’s Healthiest Foods) memperlihatkan bahwa 27 partisipan yang terdiri dari 14 wanita dan 13 laki-laki), memakan potongan cabai selama 4 minggu, dibagi menjadi dua grup, grup yang satu diet dengan mengkonsumsi cabe, yang satu lagi tidak melibatkan cabe. Hasilnya terbukti grup yang memakan cabe, level kolestrol dan trigliseridanya lebih rendah baik pada pria maupun pada perempuan.
Cabai kathur (Capsicum frutescens)
ialah cabai yang buahnya tumbuh menjulang menghadap langit (ngathur, Jawa red). Warnanya hijau sewaktu muda dan bila telah masak berwarna merah tua. Bila ditekan terasa keras lantaran jumlah bijinya sangat banyak. Kadar airnya rendah sehingga sanggup disimpan hingga 12 hari sehabis dipetik serta tahan pengangkutan jarak jauh. Petani akan mulai memanen 60 hari sehabis tanam dan berlangsung hingga 14 bulan kalau perawatan intensif masa panen lebih usang lagi.

Masa panen yang panjang sangat menguntungkan petani lantaran sanggup menikmati hasil penjualan. Di tingkat konsumen harganya pernah mencapai Rp20,000/kilogram ketika pasokan cabai rawit kosong. Kathur sanggup ditanam setiap ketika namun sebaiknya penanaman pada selesai trend penghujan dan awal trend kemarau semoga tingkat keseragaman pertumbuhan tinggi. Penanaman pada trend kemarau tidak duduk kasus sepanjang air tersedia. Kathur pun tahan perubahan cuaca yang tidak menentu. Kelebihan lainnya ialah tahan hama penyakit. Salah satunya Aphis Gossypii yang menghisap cairan tumbuhan hingga layu dan mati, serangan hama tersebut menjadikan kematian 100% pada varietas bibit unggul bila tanpa penyemprotan pestisida namun kematian kathur hanya 10%.
Manfaat Cabe: Cabe sanggup membantu melebarkan akses napas di paru-paru, sehingga sanggup mengurangi asma. Vitamin A pada cabai sanggup mengurangi radang paru-paru jawaban merokok, alasannya ialah asap rokok mengandung benzopyrene yang menghancurkan vitamin A dalam tubuh. Vitamin C sangat kuat dalam peningkatan imun tubuh. Cartonoid lycopene, beta karoten dan asam folat pada cabai merah bisa mengurangi risiko kanker usus besar. Asam folat sangat berkhasiat untuk metabolisme badan yang sehat. Kandungan vitamin B6 dan asam folat yang terdapat pada cabe, serta potassium dan beta karoten, Anda sanggup terhindar dari serangan jantung. Vitamin B juga sanggup dapat mengurangi level homocysteine; tingginya level homocysteine sanggup merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung. Capsaicin dipercaya bisa mengurangi asupan kalori. Penelitian memperlihatkan 10 gram cabai merah bisa meningkatkan pembakaran lemak pada wanita dan laki-laki. Memang tidak semua penelitian menemukan trik ini efektif, bahkan ada yang menemukan bahwa trik ini tidak bekerja sama sekali.

Mengenal Bermacam-macam Jenis Sambal Sebagai Salah Satu Cara Menikmati Pedasnya Cabe Dengan Nikmat dan Menggugah Selera

Jenis Sambal Matah dan Cara Praktis Membuatnya
Citarasa sambal matah khas Bali ini menyegarkan. Pedas, asam, dan wang di lidah! Rasa unik sambal matah didapat dari satu materi kunci, yaitu bunga kecombrang atau honje. Sambal matah ini termasuk sambal setengah matang kali ya? Gak dimasak, tapi juga gak mentah gitu aja. Untuk isi sambalnya juga gak diulek atau dihaluskan, cukup semua materi diiris tipis-tipis saja. Bahan sambal matah ini menggunakan cabai (bisa cabai merah atau rawit), bawang merah dan bawang putih, terasi, daun jeruk, serai, jeruk nipis, garam, gula dan minyak. Eits, jangan lupakan bunga kecombrangnya ya! Setelah semua materi diiris-iris dan dicampur, siram dengan minyak panas kemudian diamkan hingga semua bumbu bercampur dan meresap.

Jenis Sambal Cabe Ijo dan Cara Membuatnya
Sambal cabai ijo ini juga sering disebut dengan sambal lado ijo, berasal dari Sumatera Barat. Kalau kau makan di rumah makan Padang, bisa dipastikan diberikan sambal cabai ijo sebagai pemanis nasi kamu. Menggunakan cabai hijau besar sebagai materi utamanya, rasa sambal cabai ijo ini bekerjsama tidak terlalu pedas. Cara membuatnya dengan menggunakan cabai hijau besar dibuang bijinya kemudian dikukus, sehabis itu dicampur dengan materi lain menyerupai tomat, bawang putih, garam, dan gula kemudian ditumis. Cara menyerupai ini membuat rasa pedas sambal cabai ijo ini menurun cukup jauh. Apalagi sambal cabai ijo khas Sumatera Barat ini umumnya tidak menggunakan cabai rawit. Rasa dari sambal cabai ijo ini pedas dan sedikit asam, didapat dari kucuran jeruk nipis. Cukup menyegarkan dan cocok bagi kau yang gak terlalu suka pedas.

Sambal Rujak
Sambal rujak ini umumnya sebagai pemanis makan buah, bukan untuk makan nasi. Dasar orang Indonesia umumnya memang suka pedas, makan buah saja ditemani oleh sambal yang anggun dan pedas. Menjelang jam makan siang atau jam ngemil sore, biasanya tukang buah atau tukang rujak mulai dilirik tuh. Jam-jamnya ngantuk menjelang bubaran kantor, biasanya pengecap pengennya nyari yang segar-segar.

Sambal Terasi
Sambal terasi ini termasuk jenis sambal mentah. Walaupun ada orang yang memasak cabai dan materi lainnya sebelum diulek, umumnya sambal terasi tidak digoreng atau ditumis. Sambal khas Sunda ini biasa menjadi sahabat untuk makan sambil menyantap lalapan khas menyerupai timun, kol, kemangi, atau selada. Sambal terasi menggunakan terasi atau belacan sebagai materi utamanya. Terasi sendiri terbuat dari ikan atau udang rebon yang difermentasikan dan dibuat menjadi pasta. Wanginya terasi ini sangat khas. Cara membuat sambal terasi ini mudah. Panaskan terasi terlebih dahulu, bisa disangrai atau dibakar, kemudian campurkan bahan-bahan menyerupai cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah dan putih, gula merah, dan garam. Tinggal diulek hingga halus kemudian tambahkan kucuran jeruk purut atau jeruk limo.

Sambal Bawang
Sesuai namanya, amis dan rasa yang kuat dari sambal bawang ialah dari bawangnya. Umumnya sih kalau ngomongin sambal bawang, merujuk pada sambal bawang yang menggunakan cabai rawit merah dan bawang putih sebagai materi utamanya. Sambal bawang ini kini lagi naik daun, biasanya sih sebagai sambal yang digunakan untuk ayam geprek atau ayam penyet kekinian itu. Pedasnya? Wuih, bisa pedes banget hingga bikin bibir kau jontor. Bahannya saja cuma cabai rawit merah dan bawang putih yang diulek mentah kemudian disiram minyak panas.

Jenis Sambal Dabu-Dabu
Merupakan sambal khas dari Manado. Sama menyerupai sambal matah, sambal dabu-dabu ini cukup diiris-iris saja dan tidak dihaluskan. Cara membuatnya juga kurang lebih sama menyerupai sambal matah, bedanya tentu pada bahan-bahannya. Kalau sambal matah menggunakan kecombrang dan serai sebagai materi khasnya, dabu-dabu menggunakan tomat. Kedua sambal ini mempunyai cita rasa yang segar. Sambal dabu-dabu ini menggunakan cabai (cabai merah besar dan atau cabai rawit), bawang merah, tomat, jeruk limau, garam, gula, dan minyak. Semua materi yang sudah diiris tipis tersebut dimasukkan ke dalam mangkuk kemudian siram dengan kucuran jeruk limau dan diaduk-aduk. Terakhir siram dengan minyak panas dan tunggu hingga semua materi meresap.

Jenis Sambal Colo-Colo
Sambal colo-colo ini berasal dari Maluku dan bertipe sama dengan dua sambal terakhir di atas, yaitu diiris tanpa dihaluskan. Setrik isi, sambal colo-colo ini lebih menyerupai dengan sambal dabu-dabu. Bahan sambal colo-colo ini ialah irisan cabai rawit, bawang merah, tomat, garam, kemudian disiram dengan perasan jeruk nipis. Ada yang menambahkan kecap manis/asin pada sambal colo-colo dan ada yang tidak. Umumnya, sambal colo-colo ini merupakan kondimen untuk kuliner ikan bakar atau goreng di Maluku.

Demikian uraian wacana macam-macam jenis cabe, level kepedasan cabai hingga beberapa manfaat cabai bagi kesehatan yang kadang jarang diketahui orang, semoga bermanfaat.

Diolah dari aneka macam sumber.

0 Response to "Macam-Macam Jenis Cabai, Nutrisi Cabai Dan Tingkat Kepedasannya"

Total Pageviews