Latest News

Mengenal Bunga Turi, Manfaat Dan Kandungan Nutrisinya

Apa Saja Manfaat Bunga Turi Bagi Kesehatan?

Turi (Sesbania grandiflora) merupakan pohon kecil anggota suku Fabaceae. Tumbuhan dengan banyak kegunaan ini asalnya diduga dari Asia Selatan dan Asia Tenggara, namun kini telah tersebar ke aneka macam tempat tropis dunia.Bunganya terasa gurih dan manis, sehingga digemari sebagai adonan pecel. Untuk membuat pecel ini, bunga turi (bisa juga diganti kacang panjang) ini dicampur dengan "ganteng" taoge, bersama dengan kulit melinjo yang sudah dikukus direbus hingga cukup masak.
Tanaman turi sangat gampang tumbuh, biasanya bibit didapatkan dengan menyemai bijinya atau mengambil benih yang sudah tumbuh disekitar pohon yang sudah tua. Bunga Turi yakni bunga dari tumbuhan turi yang mempunyai nama latin Sesbania Grandiflora. Fungsi bunga turi pada masyarakat jawa dipakai sebagai tumbuhan pagar pembatas ladang atau sawah. Kegunaan bunga turi tidak hanya untuk tumbuhan pembatas saja namun juga dipakai sebagai sayuran. Olahan bunga turi biasanya berupa oseng bunga turi / tumis bunga turi kadang juga di masak sebagai keripik bunga turi yang banyak mempunyai kandungan nutrisi dan kandungan gizi. Jenis bunga turi ada dua dibedakan berdasarkan warna bunganya, ialah turi berbunga warna putih, disebut sebagai turi putih, turi berbunga merah violet disebut turi merah. Budidaya bunga turi yaitu dengan trik menyamai biji dari bunga turi.



Bunga Turi ini sanggup ditemukan di bawah 1.200 m dpl. Pohon bunga turi 'kurus' berumur pendek, tinggi 5-12 m, ranting kerap kali menggantung. Kulit luar tumbuhan turi berwarna kelabu hingga kecoklatan, tidak rata, dengan alur membujur dan melintang tidak beraturan, lapisan gabus gampang terkelupas. Di pecahan dalam basah dan sedikit berlendir. Percabangan gres keluar sesudah tinggi tumbuhan sekitar 5 m. Daun bunga turi beragam yang letaknya tersebar, dengan daun penumpu yang panjangnya 0,5-1 cm. Panjang daun 20-30 cm, menyirip genap, dengan 20-40 pasang anak daun yang bertangkai pendek. Helaian anak daun berbentuk jorong memanjang, tepi rata, panjang 3-4 cm, lebar 0,8-1,5 cm. Bentuk bunga dan struktur bunga turi, bunganya besar dalam tandan yang keluar dari ketiak daun, letaknya menggantung dengan 2-4 bunga yang bertangkai, Bagian bunga turi kuncupnya berbentuk sabit, panjangnya 7-9 cm. Bila mekar, bunganya berbentuk kupu-kupu. Ada 2 varietas, yang berbunga putih dan berbunga merah. Buah bentuk polong yang menggantung, berbentuk pita dengan sekat antara, panjang 20-55 cm, lebar 7-8 mm. Biji 15-50, letak melintang di dalam polong.

Nama Daerah Bunga Turi :
Turi, toroy, (Jawa). turi (Sumatera). tuli, turi, turing, ulingalo,; suri, gongo gua, kaju jawa (Sulawesi). tuwi, palawu, kalala; gala-gala, tanumu, ghunga, ngganggala (Nusa tenggara)

Kandungan Kimia Bunga Turi

Kulit batang tumbuhan turi mengandung: Tanin, egatin, zantoagetin, basorin, resin, calsium oksalat, sulfur, peroksidase, zat warna.

Daun tumbuhan turi mengandung: Saponin, tanin, glikoside, peroksidase, vitamin A dan B.

Bunga turi mengandung : Kalsium, zat besi, zat gula, vitamin A dan B
Tanaman yang mempunyai nama ilmiah sesbania grandiflora ini mempunyai bunga yang unik. Dimana pada bunga tersebut mempunyai kandungan nutrisi menyerupai karbohidrat, protein, lemak, aneka macam jenis mineral (seperti kalium, fosfor, zat besi, serta kalsium), dan juga aneka macam jenis vitamin (seperti vitamin B1, B2, B6, C, serta Beta karoten).
Adapun rincian kandungan nutrisi dari 100 gram bunga turi antara lain yakni :
  • Air : 91.58 gram
  • Protein : 1.28 gr
  • Lemak : 0.04 gr
  • Karbohidrat : 6.73 gr
  • Kalsium : 18 mg
  • Zat besi : 0.84 gr
  • Magnesium : 12 mg
  • Fosfor : 30 mg
  • Potasium : 184 mg
  • Sodium : 15 mg
  • Selenium :  0.8 µg
  • Vitamin C : 73 mg
  • Thiamin : 0.083 mg
  • Riboflavin : 0.081 mg
  • Niacin : 0.430 mg
  • Folate : 102 µg

Manfaat dan Khasiat Bunga Turi Bagi Kesehatan


  • Mengobati Sariawan
  • Sakit Tenggorokan
  • Radang tenggorokan
  • Disentri dan berak darah
  • Kuku Bengkak
  • Mengobati Keputihan
  • Mengobati Batuk biasa dan Batuk Berdahak
  • Demam Nifas
  • Hidung basah dan Sakit Kepala
  • Cacar air dan demam
  • Badan Pegal Linu
  • Manfaat bunga turi bagi payudara yaitu untuk menambah ASI bagi ibu yang menyusui
  • Manfaat bunga turi untuk kecantikan yaitu untuk melembutkan kulit

Ramuan Herbal Tanaman Turi

Radang tenggorokan : Daun turi merah satu genggam. Cuci bersih. Rebuslah dengan air hingga mendidih. Dinginkan dan saring,. Gunakan airnya untuk berkumur, lakukan 4x dalam sehari.

Sariawan : Ambilah kulit batang turi segar secukupnya, cuci, kemudian remas-remas dalam air. Pakailah untuk kumur, lakukan 3x dalam sehari.

Disentri : Kulit batang turi merah seibu jari, rebuslah dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal segelas. Dinginkan, kemudian saring. Minum 2x dalam sehari sekali minum 1 gelas.

kuku jari yang kesandung atau kepukul : Ambil daun turi secukupnya. Cuci bersih. Lalu tumbuklah hingga halus. Tempelkan diatas kuku yang sakit dan kulit disekitarnya, kemudian balut dengan kain. Ganti ramuan 2-3 kali dalam sehari. bekuan darah dalam kuku akan hilang dan menggurangi rasa sakit.

Keputihan : daun turi satu genggam, kunyit seibu jari, basuh bersih, kemudian tumbuk hingga halus, beri air matang 3/4 cangkir, aduk hingga rata, peras dan saring. Minumlah dua kali dalam sehari.

Cacar air dan demam erupsi : Ambil kulit batang turi seibu jari, basuh kemudian rebus dengan air secukupnya. Dinginkan kemudian saring, kemudian minum sekaligus.

Pilek dan sakit kepala : Ambil daun turi satu genggam, bunganya satu genggam. Tumbuklah kedua materi hingga halus, beri 1/2 cangkir air masak, aduk rata, kemudian saring dan minum sekalidus.

Demam alasannya yakni nifas : Ambil daun turi 1/3 genggam, kemudian tumbuk halus, tambahkan 1/2 cangkir air matang, aduk-aduk, saring, kemudian minum sekaligus.

Batuk : Ambil daun turi merah satu genggam, daun inggu satu genggam, basuh bersih, dan tumbuk hingga halus, tambahkan air perasan jeruk pecel, aduk smpai rata, kemudian saring, kemudian minum.

Batuk berdahak : Ambil akar turi sebesar jari telunjuk, cuci, kemudian tumbuk hingga halus, beri air 1/2 cangkir dan madu 1 sendok, kemudian aduk-aduk hingga rata, saring dengan sehelai kain dan minum sekaligus.

Penambah ASI : Ambil daun turi muda, kukus dan gunakan untuk lalap makan.

Pegal linu : Ambil akar pohon turi merah secukupnya, cuci, kemudian tumbuk hingga halus , tambahkan air secukupnya, aduk-aduk hingga menjadi adonan menyerupai bubur, kemudian gosok-gosokkan dibagian badan yang sakit.



Mengencangkan Dan Memperbesar Payudara Dengan Bunga Turi

Ternyata bunga turi juga sangat baik dipakai sebagai ramuan tradisional untuk mengencangkan dan memperbesar payudara. Caranya sanggup Anda simak berikut ini.

Ambil bunga turi secukupnya, kemudian basuh hingga bersih.

Rebus bunga turi yang telah dicuci higienis kemudian pisahkan bunga turi dengan air rebusannya.

Biarkan air rebusan bunga turi hingga hambar kemudian diminum.

Untuk bunga turinya sanggup di konsumsi sebagai sayur atau dimasak.

Lakukan trik tersebut setrik teratur hingga Anda mendapat payudara yang ideal sesuai keinginan. Anda juga sanggup mengakibatkan bunga turi sebagai hidangan setiap hari.
Ciri-ciri Morfologi dan Anatomi Bunga Turi

Bunga Turi ini sanggup ditemukan di bawah 1.200 m dpl. Pohon bunga turi 'kurus' berumur pendek, tinggi 5-12 m, ranting kerap kali menggantung. Kulit luar tumbuhan turi  berwarna kelabu hingga kecoklatan, tidak rata, dengan alur membujur dan melintang tidak beraturan, lapisan gabus gampang terkelupas. Di pecahan dalam basah dan sedikit berlendir. Percabangan gres keluar sesudah tinggi tumbuhan sekitar 5 m. Daun bunga turi beragam yang letaknya tersebar, dengan daun penumpu yang panjangnya 0,5-1 cm. Panjang daun 20-30 cm, menyirip genap, dengan 20-40 pasang anak daun yang bertangkai pendek. Helaian anak daun berbentuk jorong memanjang, tepi rata, panjang 3-4 cm, lebar 0,8-1,5 cm. Bentuk bunga dan struktur bunga turi, bunganya besar dalam tandan yang keluar dari ketiak daun, letaknya menggantung dengan 2-4 bunga yang bertangkai, Bagian bunga turi kuncupnya berbentuk sabit, panjangnya 7-9 cm. Bila mekar, bunganya berbentuk kupu-kupu. Ada 2 varietas, yang berbunga putih dan berbunga merah. Buah bentuk polong yang menggantung, berbentuk pita dengan sekat antara, panjang 20-55 cm, lebar 7-8 mm. Biji 15-50, letak melintang di dalam polong.

0 Response to "Mengenal Bunga Turi, Manfaat Dan Kandungan Nutrisinya"

Total Pageviews