Latest News

Keajaiban Air Zam-Zam Dengan Segudang Manfaatnya

Mengapa Air Zam-zam Berbeda Dengan Jenis Air Lainnya? Apa Keunggulan dan Keistimewaan Air Zam-zam?

Zamzam (bahasa Arab: زمزم‎ berarti banyak, melimpah-ruah) ialah air yang dianggap sebagai air suci oleh umat Islam. Zamzam merupakan sumur mata air yang terletak di tempat Masjidil Haram, sebelah tenggara Kabah, berkedalaman 42 meter. Berdasar pada hadist Nabi, air zam zam merupakan air yang mengenyangkan dan mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Jika berdoa sebelum meminumnya, maka InsyaAllah doa tersebut akan dikabulkan oleh-Nya. Khasiat air zam zam yang sanggup menyembuhkan aneka macam penyakit juga sanggup dibuktikan setrik ilmiah.
“Sebaik-baiknya air di muka bumi ialah air zam-zam. Padanya ada masakan yang menyegarkan dan penawar bagi segala penyakit.” (hadits Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam sebagaimana dituturkan Ibnu Abbas Radhiallaahu ‘anhu).
Zam-zam berawal dari dongeng usaha Hajar, istri Nabi Ibrahim ‘alaihis salam mencari air untuk minum bayinya, Ismail ‘alaihis salam, di sebuah gurun antara bukit Shafa dan Marwah. Setelah bolak-balik tujuh kali antara Shafa dan Marwah ternyata air ditemukannya di bawah jejakan tumit Ismail. Nama Zam-zam berasal dari teriakan Hajar yang kaget dan berseru “Zummi! Zummi!” (berkumpullah, berkumpullah!).
Hasil analisis laboratorium dan penelitian mikroskopik menyimpulkan bahwa satu liter air zamzam mengandung Kalsium 200 mg, Magnesium 50 mg, Sodium 250 mg, Potassium 120 mg, Klorin 350 mg, Sulfur 370 mg, Bikarbonat 366 mg, Nitrat 270 mg, dan Nitrit 0,01 mg.
Selama lebih dari 4.000 tahun, sumur Zam-zam telah diminum sekian ratus juta insan dan ribuan hewan, namun ia tak pernah kering. Dan kini air Zam-zam setrik cuma-cuma sanggup dinikmati sepuasnya dengan adanya sarana dan instalasi air Zam-zam yang menyebar ke seluruh penjuru Makkah, dan ia tetap mengucur deras tak berhenti. Suatu keajaiban dan berkah bagi para jamaah haji yang berkunjung ke rumah Allah.
Sementara itu, buku bakir Sains dalam Quran menjelaskan, aneka macam riset dan penelitian ilmiah pertanda bahwa di dalam air zamzam tak terdapat satu pun bakteri. Zamzam dianggap air yang suci. Jika pun ada bakteri, maka itu tanggapan pipa atau ember penampungnya yang telah terkontaminasi. Air zamzam juga sangat kaya akan mineral menyerupai kalsium, sodium, magnesium, potassium, dan lain sebagainya. Dari penelitian yang ada diketahui bahwa air zam-zam mengandung fluoride yang mempunyai daya efektif membunuh kuman dan membuat air zam-zam seolah sudah mengandung obat.
Perbedaan air zam-zam dengan air sumur lain di kota Mekah dan kota lain ialah dalam hal kuantitas kalsium dan garam magnesiumnya. Kandungan kedua mineral itu sedikit lebih banyak pada air zam-zam yang menimbulkan air zam-zam menyegarkan bagi jamaah yang kelelahan.

Keistimewaan air zam zam juga telah dibuktikan oleh beberapa ilmuwan dunia. Dr Hamdi Saif dari Alexandria University menyimpulkan melalui penelitian Kimia dan Fisika yang dilakukannya terhadap air zam zam, air zam zam ialah air terbaik di permukaan bumi. Air zam zam mempunyai keseimbangan elektrolit yang berguna bagi kesehatan. Air zam zam juga sangat murni dan alami, serta terbebas dari mikroorganisme patogen. Menurut Dr Saif, air zam zam berguna dalam pengobatan penyakit paru-paru dan ginjal, mengobati duduk masalah migrain, penyakit mata, dan aneka macam penyakit lainnya.

Kehebatan lainnya ialah sumur air zam-zam tidak pernah ditumbuhi lumut. Padahal di seluruh dunia, sumur mana pun selalu ditumbuhi lumut dan flora mikroorganisme. Keajaiban air zam-zam ini tidak tertandingi, bahkan air termurni di Kutub Utara dan Selatan sekalipun. Hal ini dibuktikan oleh seorang doktor dari Universitas Yokohama, Dr. Masaru Emoto.

Dr. Masaru Emoto berhasil mendapati bahwa air zam-zam mempunyai daya penyembuhan yang luar biasa. Keajaiban struktur air zam-zam ini telah dibuktikan oleh dia dalam suatu penelitiannya yang dipaparkan dalam sebuah seminar di Malaysia. Kesimpulannya ialah bahwa tak ada kandungan air di dunia yang menyamai kandungan air zam-zam!

Dibeberkannya pula bahwa molekul air zam-zam merupakan molekul air paling manis dan indah di antara air lainnya. Dr. Emoto kemudian menjelaskan bagaimana sebuah kata yang diucapkan sanggup menghipnotis bentuk molekul air. Dan tentu saja setiap doa yang terhembus dari setiap jamaah haji selama ini menimbulkan air zam-zam sebagai air terindah yang akan terus menghapus dahaga rohani setiap tamu Allah di Makkah.

Setrik medis, air zam zam juga terbebas dari mikroorganisme yang sanggup mengurangi kesejukan air zam zam. Hal ini sanggup dilihat dari tidak adanya lumut yang tumbuh pada sumur zam zam. Selain itu air zam zam juga mengandung dua jenis mineral, yaitu kalsium dan magnesium. Dua jenis mineral ini memperlihatkan kesejukan bagi orang yang meminumnya. Oleh alasannya ialah itu jamaah haji yang kelelahan akan mendapat energi yang luar biasa sesudah meminum air zam zam. Itulah aneka macam manfaat air zam zam yang begitu luar biasa.

Wallahu a’lam bish-shawab.

0 Response to "Keajaiban Air Zam-Zam Dengan Segudang Manfaatnya"

Total Pageviews