Latest News

Mengenal Jenis-Jenis Buah Naga Yang Beredar Di Pasaran

Ciri-ciri dan Habitat Macam-macam Jenis Buah Naga

Dikutip dari wikipedia.org, Buah naga yaitu buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun kini juga dibudidayakan di negara-negara Asia menyerupai Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah naga ini mengandung sekitar 60 kalori dan kaya akan vitamin C, B1, B2 dan B3, dan mineral menyerupai zat besi, kalsium, dan fosfor. Di sekujur kulit buah dipenuhi dengan jumbai-jumbai yang dianalogikan dengan sisik naga. Oleh alasannya yaitu itu, buah ini disebut buah naga. Batangnya berbentuk segitiga, durinya sangat pendek dan tidak mencolok, sehingga sering dianggap "kaktus tak berduri".
Tekstur daging buah tebal dan lezat membuat buah yang dikenal dengan sebutan Dragon Fruit ini cocok jadi kudapan buah. Kandungan vitamin dan rasanya yang menyegarkan membuat buah ini juga cocok dibentuk jus. Di Indonesia, buah naga sudah dikenal semenjak pertengahan tahun 2000. Peminat untuk membudidayakannya pun semakin bertambah hingga ketika ini. Bahkan saking banyaknya yang menanam buah ini, ketika panen raya menyebabkan harga buah naga anjlok tidak terkendali, bila dipedagang buah saja ada yang menjual Rp 2.500 per kg, kemudian berapa harga di tingkat petani?


Dilihat dari warna daging buah, buah naga ternyata mempunyai 4 jenis. Semua mempunyai karakteristik buah dan rasa yang berbeda-beda. Berikut 4 jenis buah naga lengkap dengan ciri-cirinya.

Jenis Buah naga putih (Hylocereus undatus)

Buah naga jenis ini dikenal dengan sebutan White Pitaya. Kulit buahnya berwarna merah mempunyai sisik atau jumbai yang berwarna hijau. Meski kulitnya merah, ketika dibelah daging buahnya berwarna putih higienis dengan hiasan biji berwarna hitam.

Setrik morfologi, tumbuhan ini mempunyai warna hijau renta dan bisa tumbuh baik di lokasi dengan ketinggian tidak lebih dari 400 m dpl. Saat matang, biasanya buah naga putih mempunyai berat rata-rata 400—650 g dengan rasa asam dan tidak terlalu manis
Selain warna daging buah, ternyata buah naga putih juga mempunyai aroma yang khas dan berbeda denga jenis buah naga lainnya. Berdasakan penelitian dengan menggunakan sistem berjulukan QDA, diperoleh perbedaan antara buah naga putih dan buah naga merah. Buah naga putih mempunyai urutan aroma menurut intensitasnya dimulai dari green leafy, floral, fatty green, sweet, fruity, dan terakhir plastic green. Sementara buah naga merah, setrik berurutan yaitu green leafy, floral, fatty green, fruity, sweet, dan diakhiri dengan aroma plastic green. Peneliti QDA menyimpulkan buah naga putih mengandung karakteristik arima sweet yang lebih menonjol bila dibandingkan dengan buah naga merah. Sementara itu, aroma yang lebih banyak didominasi pada buah naga merah yaitu fruity lebih yang lebih menonjol daripada aroma sweet.
Buah naga putih kaya akan vitamin C dan antioksidan. Hanya saja, antioksidan di dalam buah naga putih lebih sedikit. Jadi, bila dibandingkan buah naga putih dan merah, buah naga merah kandungannya lebih banyak.

Jenis Buah naga ungu (Hylocereus polyrhizus)

Sesuai dengan namanya, buah naga ini mempunyai daging buah yang berwarna ungu kemerahan. Tampak luar, kulit buah naga ungu juga mempunyai sisik dan jumbai berwarna hijau. Buah matang mempunyai berat rerata 400 g dan bila dibandingkan buah naga putih, buah naga ungu terasa lebih manis.

Setrik morfologi, tumbuhan buah naga ungu lebih kokoh dibanding buah naga putih begitu juga dengan duri pada batang dan cabang lebih rapat.

Tanaman buah naga ungu sanggup tumbuh ideal pada pada ketinggian rendah dan sedang. Meski mempunyai sifat gampang berbunga sepanjang tahun sayangnya tingkat keberhasilan bunganya hanya 50%. Hal inilah yang membuat buah naga ungu mempunyai produktivitas rendah.

Jenis Buah Naga Merah (Hylocereus costaricensis)

Buah naga ini mempunyai daging buah yang berwarna super-merah atau lebih merah dibanding buah naga ungu yang didominasi warna ungu. Batang tumbuhan lebih besar sehingga cocok ditanam di kawasan yang panas dengan ketinggian rendah hingga sedang.

Saat matang, buah naga merah biasanya berbobot 400-500 g dan mempunyai rasa lebih manis dibandingkan buah naga ungu.
BUAH NAGA SUPER RED HYBRID yaitu jenis buah naga yang tergolonng gres berasal dari Thailand yang mempunyai banyak kelebihan dan sudah 100% diterima dan menerima respon terbaik oleh konsumen.
Beberapa kelebihan BUAH NAGA SUPER RED HYBRID yaitu:
1. Ukuran buah rata-rata diatas 350gram (diatas 75%), syarat minimum untuk diterima Supermarket.
2. Bentuk buah seragam, bundar sedikti lonjong.
3. Bentuk sirip panjang menarik, cantik untuk parcell.
3. Rasa buah lebih manis.
4. Warna kulit merah muda, menarik perhatian konsumen.
5. Pembuahan alami, tidak perlu dikawinkan.
6. Pertumbuhan pohon sangat cepat, berbeda dengan jenis lain

Jenis Buah Naga Kuning (Selenicereus megalanthus)

Kandungan vitamin A dalam buah naga kuning lebih banyak. Sehingga, buah ini baik untuk menjaga kesehatan mata. Rasa buah naga kuning lebih manis dan segar dengan kandungan antioksidan dan karoten yang hampir sama dengan buah naga lainnya.
Buah naga yang satu ini dikenal dengan sebutan Yellow Pitaya. Tampak luar, kulit buahnya berwarna kuning tanpa sisik. Namun ketika dikupas, daging buahnya berwarna putih dengan hiasan biji hitam yang merata. Ukuran buahnya lebih kecil dibandingkan jenis lainnya, yakni sekitar 80-100 g. Meski kecil, buah naga kuning mempunyai rasa paling manis dibandingkan jenis-jenis lainnya. Setrik morfologi, tumbuhan buah naga kuning mempunyai warna hijau cerah dengan ukuran yang lebih kecil dibanding buah naga jenis lainnya. Di Indonesia, buah naga kuning termasuk jarang lantaran mempunyai syarat tumbuh di suhu yang hambar atau pada ketinggian di atas 800 m dpl.
Masa tanam hingga panen atau produksi tumbuhan buah naga kuning ini jauh lebih usang dibandingkan dari buah naga merah.  Umumnya, buah naga merah akan mulai berproduksi atau mulai berbunga sekitar 1,5 tahun hingga 2 tahun sesudah masa tanam, sedangkan buah naga kuning waktunya lebih usang lagi.
Jika dicermati, pembagian buah naga putih, merah dan hitam didasarkan pada warna daging buahnya. Meski daging buahnya berbeda, ketiga jenis tersebut mempunyai kulit yang sama, berwarna merah dan dilengkapi struktur yang identik. Akan tetapi, sistem pembagian tersebut tidak berlaku pada buah naga kuning. Unsur pembedanya justru terletak pada kulitnya. Daging buah naga kuning berwarna putih berbiji hitam persis buah naga putih. Namun, kulitnya berwarna kuning terperinci dengan sisik berukuran besar yang pada ujungnya terdapat gradasi warna hijau. Selain kulit berisisk, buah naga kuning juga mempunyai varian kulit lain yakni buah dengan permukaan kulit berduri.

Perbedaan lain buah naga kuning dengan jenis lainnya terletak pada ukuran buah dan juga ukuran pohonnya. Setrik umum diketahui bahwa pohon buah naga kuning cenderung lebih pendek ketimbang pohon lainnya. Hal ini juga ternyata berimbas pada ukuran buahnya yang juga dua kali lebih kecil dibandingkan varian lain.

Meski kecil, tetapi rasa manis buah naga kuning melampaui buah naga lain. Hal ini disebabkan kandungan sakrosa juga fruktosa buah ini lebih tinggi. Selain manis, buah naga kuning juga cenderung basah sehingga meninggalkan rasa segar ketika dikonsumsi. Setrik umum budidaya buah naga kuning tidak berbeda dengan buah naga merah. Hanya saja, perbedaannya yaitu pada syarat tumbuh yang dikehendaki oleh tumbuhan buah naga kuning ini.

0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Buah Naga Yang Beredar Di Pasaran"

Total Pageviews