Latest News

Mengenal Jenis Binatang Lintah Dan Keuntungannya Bagi Kesehatan

Binatang Lintah Yang Terkenal Menjijikan Bagi Sebagian Orang Ternyata Menyimpan Banyak Manfaat Dalam Bidang Kesehatan dan Pengobatan, Apa Saja?

Gigitan lintah tidak menyakitkan sebab mengandung materi bius. Hirudinea atau Lintah ialah kelas dari anggota binatang tak bertulang belakang yang termasuk dalam filum Annelida. Anggota jenis cacing ini tidak mempunyai rambut, parapodia, dan seta. Lintah atau pacet itu merupakan pola dari Hirudinae. Tempat hidup binatang ini ada yang berada di air tawar, air laut, dan di darat. (Wikipedia ). Terdapat jenis lintah yang sanggup hidup di daratan, air tawar, dan laut. Seperti halnya kerabatnya, Oligochaeta, lintah juga mempunyai klitelum. Seperti cacing tanah, lintah juga hermaprodit (berkelamin ganda). Lintah obat Eropa, Hirudo medicinalis, telah semenjak usang dimanfaatkan untuk pengeluaran darah (plebotomi) setrik medis.
Hewan ini lebih banyak pembencinya daripada yang menyukainya. Siapa yang mau sama yang namanya lintah? Mendengar namanya saja banyak yang geleng-geleng kepala sebab ngeri ada juga yang sebab geli. Ya lintah memang binatang kecil yang bikin ngeri sekaligus geli mereka yang tidak menyukainya, tetapi bagi sebagian orang binatang ini bisa dijadikan sumber mata pencaharian yaitu sebagai saranan pengobatan. Ya pengobatan dengan menggunakan lintah sudah mulai tredn semenjak beberapa tahun yang lalu. Berikut seluk beluk wacana lintah yang mungkin banyak dari anda yang belum mengetahuinya.









Lintah atau pacet sanggup hidup di payau, sawah atau takungan air. Hewan ini punya kebiasaan menghisap darah binatang lain atau manusia. Karena itu anda harus berhati2 bila berada di genangan air, rawa-rawa atau sungai-sungai. Kalau sudah menghisap darah manusia, binatang ini akan terus menempel di kulit takkan terlepas walau anda mencabutnya dengan sekuat tenaga, ia gres melepaskan korbannya bila sudah merasa puas dan tubuhnya menggelembung penuh dengan darah mangsanya.
Ciri-ciri dan Karakteristik Hewan Lintah
  1. Bentuk tubuhnya pipih dan segmen-segmennya terperinci (tidak tertutup kutikula yang dihasilkan epidermis).
  2. Cacing ini tidak mempunyai rambut dan parapodia serta mempunyai dua alat pengisap pada kedua ujung tubuhnya yang mempunyai kegunaan untuk mengisap darah dan melekatkan diri pada tubuh mangsanya.
  3. Selama diisap lintah, darah mangsanya tidak akan membeku sebab lintah menghasilkan zat hirudin sebagai zat antikoagulan.
  4. Saluran pencernaannya terdiri atas usus yang mempunyai tonjolan membentuk kantung-kantung sehingga cukup banyak darah yang sanggup disimpan di kantung usus tersebut.
  5. Pada umumnya sufat hidupnya hemafrodit.
  6. Hidupnya di air laut,air tawar dan darat.
  7. Makanannya cacing dan larva serangga. 
  8. Memiliki sistem peredaran tertutup
Bila digigit lintah cepatlah ambil bubuk rokok, taburkan bubuk tersebut, atau alkohol pada tubuhnya maka is akan mati. Lintah ini walau tubuhnya putus jadi dua, ia tidak akan mati, potongan tubuhnya akan menjadi lintah baru.

Jenis lintah yang anggun untuk pengobatan ialah yang berwarna hitam kecoklatan dan bersih. Lintah mengandung protein dan zat anti pembeku darah, zat ini setrik ilmiah disebut hirudin atau hemaphilin, khasiatnya yang utama mencegah zat-zat pembeku darah.

Pada akebanyakan penderita mati pucuk (impotens), biasanya urat atau jalan darah disekitar batang zakar ada yang tersumbat atau beku,sehingga zakar tidak tegang, jikalau batang zakar disapu minyak lintah (lintah oil) dan diurut-urut (lakukan berkali-kalu) maka jalan masuk darah di sekitar zakar menjadi besar.

Lintah biasanya diambil pada demam isu kemarau, trik menangkapnya dengan abu, atau dititis dengan minyak tanah seterusnya dikeringkan dengan menjemurnya dibawah sinar terik matahari atau di panggang.

Lintah yang sudah dibersihkan digoreng dengan minyak bijan hingga kering kuning kemudian di keringkan. Juga terdapat perbedaan antara minyak lintah orisinil dan yang tidak.
Lintah ada yang berwarna hitam, coklat dan hijau dengan garis putus-putus pada cuilan atas badannya.Terdapat 65 jenis lintah yang sanggup hidup di daratan, air tawar, payau dan laut. Kawasan basah atau dataran tinggi. Seperti cacing tanah, Lintah merupakan sejenis cacing dengan alat penghisap pada setiap ujungnya. Pada ujung yang satu terdapat alat penghisap dengan ekspresi dan di ujung yang lain ada alat ibarat perekat untuk menempel. Ukuran dan panjang dari lintah ada aneka macam macam ukuran, dari ukuran kecil, sedang dan besar. Dari yang panjang 1 inci hingga dengan 10 inci panjang. Di kerongkongan daerah isapannya terdapat tiga rahang berbentuk setengah gergaji, dihiasi hingga 100 gigi kecil. Dalam waktu 30 menit, lintah bisa menyedot darah sebanyak 15 ml hingga sejumlah yang cukup untuk hidup selama setengah tahun.

Manfaat dan Khasiat Lintah Untuk Pengobatan dan Kesehatan

a. Memecahkan darah
b. Melancarkan haid yang tidak teratur
c. Membesarkan dan menegangkan zakar
d. Lintah yang hidup digunakan untuk menghisap cuilan tubuh yang sakit ibarat gatal- gatal,ruam dan kudis-kudis yang sukar sembuh.

Penggunaannya

a. Diminum dalam bentuk serbuk 2 - 4 gram
b. Untuk obat oles ibarat minyak lintah (lintah oil), lintah hidup direndam dan diambil cairannya

Pantangan
a. Mereka yang lemah badan, kurang darah, yang tidak mempunyai darah beku, perempuan hamil dihentikan menggunkan obat ini.
b. Lintah tidak boleh dicampur dengan garam

Dari hasil kajian-kajian dan penelitian ilmiah yang dilakukan, telah diketahui bahwa lintah mengandung banyak zat yang penuh manfaat bagi tubuh manusia. Berikut ini antara lain zat-zat yang terkandung di dalam lintah:

Nitric Oxide: pada tahun 1998 Hadiah Nobel untuk fisiologi telah dianugerahkan kepada Robert Furchgott, Prof Louis Ignarro dan Ferid Murad yang menemukan pertalian Nitric Oxide (NO) yang kemudian digunakan dalam ramuan Viagra. Dalam satu kajian ilmiah Universiti Purdue, lintah jenis Hirudo Medicinalis dikenal sanggup mengeluarkan NO setrik alami. Sementara kajian ilmah lainnya menyampaikan bahwa NO sanggup menuntaskan 90% dilema kegagalan ereksi kaum lelaki. Vagina dan klitoris perempuan apabila tersentuh oleh usur NO ini juga sanggup meningkatkan rangsangan seksual, dimana NO tersebut akan memberi stimulus ke syaraf-syaraf yang memacu gairah seksual wanita.

Hirudin: ialah zat yang sanggup menghalang pembekuan darah. Umumnya digunakan untuk membuat darah tetap mengalir tidak membeku, unsur Hirudo medicinalis digunakan dalam operasi syaraf-syaraf yang kecil, contohnya operasi pada telapak tangan, untuk mengembalikan pedoman darah yang buntu atau jalan masuk darah yang tersumbat. Hirudin terdiri dari 65 Asam amino yang berpotensi, menghambat pendarahan atau pembekuan darah. Hirudin akan mengurangi gumpalan darah yang terbentuk dan meningkatkan pedoman darah pada bagian-bagian tertentu dalam tubuh kita.

Histamine
: ialah zat yang berfungsi sebagai pengembang. Zat pengembang ini di temukan pada cuilan ludah lintah.

Hyaluronidase
: Zat yang berasal dari ludah lintah yang termasuk dalam jenis obat bius, pencegah pembekuan darah (hirudin), vasodilator lokal (histamine) dan satu enzim (hyaluronidase).

Thrombin
: Zat yang mengaktifkan konversi dari fibrin dari fibrinogen dan meningkatkan pembekuan. Trombosa ialah deretan dari satu gumpal darah di dalam satu pembuluh darah, yang sering menghalangi pedoman darah. Trombosa akan terjadi apa bila tubuh mengalami luka. Lokasi paling umum dari trombosa berada di dalam pembuluh darah dari kaki.

Anti Kolagen: zat yang keluar dari air liur lintah atau spesies sejenis menurut hasil penelitian ternyata sanggup digunakan untuk perawatan dan pengendalian trombosit. Zat ini sanggup berfungsi sebagai penunda penuaan dan sanggup digunakan sebagai cuilan materi dasar kosmetika.

Fakta-fakta Seputar Lintah Yang Jarang Diketahui

  • Terdapat lebih kurang 650 spesies lintah
  • Lintah dengan ukuran terbesar dijumpai berukuran 18 inci
  • Kira-kira 1/5 dari spesies lintah hidup dilaut di mana memakan ikan
  • Lintah Hirudo mengeluarkan anak dalam kokun dimana lintah itu membawa anak-anaknya diatas perut sendiri. Kadangkala mencapai sebanyak 300 ekor
  • Tidak semua lintah ialah penghisap darah. kebanyakkannya ialah pemburu yang memakan cacing tanah dan lain-lain.
  • Lintah Amazon menggunakan trik tersendiri untuk menghisap darah. Ia memasukkan proboscic panjang ke dalam mangsa tanpa menggigitnya
  • Gigitan lintah tidak menyakitkan sebab mempunyai materi bius
  • Lintah Hirudo menyuntik anti pembekuan serum ke dalam mangsanya untuk menghindari pembekuan darah
  • Lintah akan mengembang sendiri sehingga kenyang dan jatuh dari mangsa dengan sendiri
  • Lintah daat memgembang sendiri hingga 5 kali lipat dari berat badannya
  • Lintah pertama yang digunakan dalam pengobatan kira-kira semenjak 1000SM. Kemungkinan dikala jaman India purba
  • Pada masa lampau, orang ramai dan bangun di tepi danau dan kolam, bila lintah menempel pada kaki mereka, ia dimasukkan dalam bakul untuk dijual. Pada masa kini, lintah Hirudo merupakan spesies langka.
  • Pakar bedah awal mulanya menggunakan lintah untuk membatu memulihkan penyakit yg bermula dari sakit kepala.
  • Sistem saraf lintah mempunyai banyak persamaan dengan sistem saraf manusia
  • Saudara terdekat lintah ialah cacing tanah
  • Lintah bisa menggigit walaupun pada paha rino air yang tebal.
Dari aneka macam sumber

0 Response to "Mengenal Jenis Binatang Lintah Dan Keuntungannya Bagi Kesehatan"

Total Pageviews