Latest News

Asupan Protein Tinggi 5 Pakan Ini Cocok Untuk Murai Kerikil Sobat.


Memilih pakan untuk murai kerikil dihentikan sembarangan. Selain dapat menimbulkan stres, pakan yg tidak sesuai juga bakal memengaruhi kondisi kesehatannya, terlebih Jika usia murai masih muda. Pada dasarnya ada 2 jenis pakan murai batu: yg alami dan buatan.

1. Kroto

Pakan alami yg paling sering diberikan kepada murai kerikil yakni kroto atau telur semut rang-rang. Menurut penelitian, kroto merupakan sumber pangan bagi aves dengan protein yg cukup tinggi. Tidak Keliru Jika pakan ini selalu jadi konsumsi utama burung-burung kicau, terutama murai batu.
Namun, satu hal yg perlu diperhatikan yakni berikan kroto dalam porsi secukupnya. Pemberian kroto setrik berlebihan konon dapat membuat burung kelewat / over berahi dan mabung sebelum waktunya.
2. Serangga Kecil

Serangga kecil memiliki kandungan protein yg kurang lebih sama dengan kroto. Kandungan nutrisi jenis inilah yg sangat penting dan diharapkan untuk pertumbuhan burung, khususnya murai batu.
Serangga kecil jenis apa yg cocok diberikan kepada si murai? Jangkrik, belalang hijau, dan orong-orong dapat menjadi pilihan yg tepat. Hanya saja, sebelum memperlihatkan pakan jenis ini kepada burung kesayangan Anda, buang bab kepala, kaki, dan bulunya lebih dulu, alasannya yakni bagian-bagian badan ini bakal membuat murai kerikil sulit mencernanya.
3. Ulat
Selain kroto, belalang, jangkrik, dan orong-orong, makanan alami lain yg cocok diberikan pada murai kerikil yakni ulat. Ulat memiliki kandungan protein yg cukup tinggi, sama ibarat serangga. Jenis ulat yg cocok dijadikan pakan yakni ulat bambu, ulat hongkong, ulat kandang, ulat kayu, ulat pohon, ulat daun pisang, dan sebagainya.
Namun, yg Musti diperhatikan saat memperlihatkan ulat hongkong sebagai pakan yakni mencukupkan porsinya. Pemberian ulat hongkong dalam jumlah berlebihan diyakini dapat memicu pembengkakan pada mata burung, bahkan katarak.
4. Cacing Tanah
Pakan alami lain yg cocok diberikan pada murai kerikil yakni cacing tanah. Namun, sebaiknya Anda memastikan kebersihan si cacing lebih dulu sebelum dipakankan pada si burung. Hal ini perlu untuk memastikan kesterilan pakan supaya murai kerikil terhindar dari keracunan. Bagaimana triknya? Cukup merendam cacing dalam air higienis selama beberapa menit.
Selain itu, untuk menghindari terganggunya sistem pencernaan pada murai batu, pastikan bahwa cacing yg diberikan yakni cacing segar—yg gres diambil dari dalam tanah.
5. Ikan Guppy

Sama ibarat jenis pakan yg sudah disebutkan sebelumnya, ikan guppy juga mengandung protein dalam jumlah yg cukup tinggi. Bahkan, ikan ini dipercaya dapat menekan tingkat stres dan pada murai batu.
Teksturnya yg lunak dan ukurannya yg kecil membuat ikan guppy menjadi pakan favorit burung-burung kicau, termasuk murai batu.
Selain pakan di atas, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan memperlihatkan aksesori atau vitamin, ya.
semoga bermanfaat
disunting dari jalaksuren.net

0 Response to "Asupan Protein Tinggi 5 Pakan Ini Cocok Untuk Murai Kerikil Sobat."

Total Pageviews