Latest News

3 Tipsnya Menggembleng Mental Burung Mb Muda Hutan supaya Makin Ngejoss


Penggemblengan mental pada murai kerikil bakalan juga bisa membantu mengubah huruf burung, terutama untuk memunculkan kembali sifat teritorialnya atau sifat fighternya. Jika murai kerikil bisa memiiki kembali sifat fighternya, maka mentalnya pun bakal terbentuk serta menjadi makin rajin berkicau.

Ada beberapa trik penggemblengan mental pada murai kerikil bakalan. Namun untuk menyebabkan murai benar-benar siap dengan kondisinya yg baru, tentu membutuhkan waktu dan kesabaran tersendiri bagi perawat / pemiliknya.
Voer atau non-voer 
Jika diperhatikan, banyak kicaumania yg memperlihatkan murai kerikil dengan pakan full serangga / extra fooding. Hal ini biasanya dilakukan para pemain lomba, supaya murai kerikil memilki bunyi kicauan yg lebih lepas dan mental lebih baik.
Hal yg sama sanggup Anda terapkan pada murai kerikil bakalan yg gres dibeli. Untuk membangkitkan kembali mental dan sifat teritorialnya, dukungan pakan full serangga Musti makin ditingkatkan setiap hari. Dengan begitu, untuk sementara waktu, murai bakalan tidak diberikan pembinaan makan voer hingga kondisinya benar-benar sudah sangat fit.
Pada pekan-pekan pertama, berikan pakan serangga yg bervariasi menyerupai satu cepuk kroto setiap pagi dan sore hari, beberapa ekor jangkrik, belalang, ikan kecil, ulat jerman, dan sebagainya. Pemberian pakan bervariasi tersebut bertujuan untuk memulihkan kondisinya yg sempat ngedrop Setelah beberapa hari berada di sangkar pengepul / pedagang.
1. Memunculkan sifat teritorialnya
Murai kerikil termasuk jenis burung dengan sifat teritorial murni. Di tempat penyebarannya, mereka bakal menguasai wilayah tertentu sebagai tempat kekuasaannya, terutama untuk mencari pakan, mencari pasangan, serta kawin dan berkembang biak.
Jika mendengar atau melihat ada murai jantan lain memasuki tempat teritorialnya, burung tersebut bakal berusaha mengusir dengan mengerahkan segenap kemampuannya. Hal ini pula yg menjadi alasan mengapa burung dengan sifat teritorial sangat Mudah ditangkap hanya dengan Memakai jontrot / umpan.
Melatih murai kerikil Mudah hutan supaya memiliki kembali sifat teritorialnya bisa dilakukan dengan menggantang sangkarnya pada satu tempat / lokasi saja. Pagi-pagi sekali, burung dikeluarkan untuk diembunkan di tempat yg sama hingga siang atau sore harinya. Perubahan tempat bisa dilakukan hanya dalam jarak yg tidak terlalu jauh, contohnya 2 – 3 meter dari posisi awal.
Dengan selalu menggantang sangkarnya pada tempat yg sama setiap hari, maka burung bakal merasa menguasai wilayah tertentu, sehingga muncul sifat teritorialnya. Selain tu, selama masa terapi, jangan menggantang sangkar burung lain, khususnya kacer dan murai batu, di lokasi tersebut.
2. Mengasah mentalnya
Mengasah mental bisa dilakukan saat murai kerikil sudah memiliki sifat menguasai suatu wilayah / lokasi. Caranya yg lazim dilakukan yaitu menggantang sangkar burung lain menyerupai kacer atau murai kerikil lainnya tidak jauh dari sangkar burung tersebut.
Hal ini pun cukup dilakukan seperlunya saja, atau beberapa menit saja, atau bisa juga hingga burung mengeluarkan suaranya yg lantang. Setelah itu, mereka bisa dipisahkan kembali dalam jarak yg berjauhan.
Tujuan pembinaan ini yaitu memberi simulasi menyerupai kondisi bersama-sama di alam liar, yaitu saat mereka mengusir burung lain yg masuk ke dalam wilayah teritorialnya. Caranya ini tidak jauh berbeda saat kita Memakai beling / cermin untuk melatih mentalnya, namun lebih efektif Jika kita Memakai burung yg lain.
Dengan melatih setrik rutin setiap beberapa hari / ahad sekali, maka mental murai makin terbentuk, sehingga burung bakal selalu berada dalam kondisi prima dan siap dilombakan.
3. Hal-hal yg perlu diperhatikan
Selain menggembleng mental dengan trik di atas, Anda juga Musti memperhatikan kebutuhan dan rujukan perawatan yg lain. Hal ini sangat penting, khususnya untuk menjaga kondisi dan stamina murai kerikil supaya selalu fit, terutama saat dipertemukan dengan burung lainnya.
Perawatan rutin menyerupai pengembunan, mandi dan penjemuran setrik rutin bisa membuat murai kerikil selalu berada dalam kondisi segar. Selain itu, apabila burung sudah cukup mapan, Anda bisa mulai mengenalkannya dengan pakan voer untuk memudahkan perawatannya. Pemberian multivitamin juga sangat diharapkan untuk menjaga kondisinya supaya selalu aktif dan rajin berkicau sepanjang hari.
semoga bermanfaat
disunting dari omkicau.com

0 Response to "3 Tipsnya Menggembleng Mental Burung Mb Muda Hutan supaya Makin Ngejoss"

Total Pageviews