Latest News

7 Belakang Layar Menyeting Cucak Ijo Tampil Prima Dilomba


Om Slamet, warga Perumahan Kota Baru, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, merupakan Keliru seorang pengorbit cucak hijau jawara. Ia sudah menggeluti burung ijo ini semenjak duduk di dingklik SMP. Banyak “rahasia” perihal cucak hijau yg dikuasainya, dan perlu disebarluaskan kepada para penggemar khususnya pemula. Sebagian bahan mungkin bersifat debatable, namun tidak perlu diperdebatkan. Sebab ini soal kebiasaan yg seringkali membuat seseorang menjadi sanggup / berpengalaman.

Berikut ini, tujuh diam-diam cucak hijau versi Om Slamet yg layak menjadi pengetahuan kita bersama.
1. Tangkringan tunggal supaya burung jinak
Meski cucak hijau lebih praktis dijinakkan, namun dibutuhkan Tipsnya tertentu. Apalagi jikalau cucak hijau bakalan gres diperoleh dari tangkapan hutan. Bagaimanapun, cucak hijau bakalan cenderung giras lantaran takut dengan lingkungan baru, juga insan yg gres dikenalnya.
Biasanya, Om Slamet mengawalinya dengan memberi tangkringan tunggal, hingga burung benar-benar mengenal perawatnya. “Apabila cucak hijau sudah bunyi, gres kita Memasang dua tangkringan,” tuturnya.
2. Terapi cabut bulu ekor
Saat memperoleh bakalan cucak hijau, Om Slamet biasanya mencabuti bulu ekor burung yg gres tumbuh. Untuk apa? “Tujuannya supaya pertumbuhan bulu ekor lebih bagus. Jika tidak dicabut semenjak usia dini, dikala cukup umur bulu ekornya kurang anggun dan tidak merata,” kata dia.
Inilah yg berdasarkan Om Kicau agak debatable. Sebab, sulit menemukan alasan ilmiah dari tindakan cabut bulu ekor. Namun, lantaran ini merupakan fakta dan biasa dilakukan Om Slamet, Om Kicau pun tidak bakal menutupi fakta tersebut.
Tindakan cabut bulu ekor dilakukan Saat bulu-bulu anakan cucak hijau, yg warna hitam, tumbuh di belahan sayap dan ekor. Saat itu juga, Om Slamet bakal mencabuti bulu ekor dengan trik disemprot terlebih dulu hingga basah.
3. Buah terbaik: pisang dan pepaya
Sebagai burung pemakan buah, cucak hijau di alam liar lebih menyukai buah pisang dan pepaya. Itu sebabnya, cucak hijau dalam perawatan insan cukup diberi kedua jenis buah tersebut.
Kelebihan lain dari pisang dan pepaya yaitu setelannya yg relatif aman. Berbeda dari apel. Jika porsinya tidak tepat, atau lebih banyak daripada yg dibutuhkan burung, sanggup membuat penampilan cucak hijau kurang stabil.
4. Cucak hijau suka mandi
Sejak dini, cucak hijau perlu disediakan cepuk mandi, lantaran burung ini memang suka mandi. Apabila burung tidak biasa Memakai cepuk mandi, boleh juga Memakai kolam mandi yg biasa dipakai untuk kacer atau murai batu
“yg jelas, mandi bagi cucak hijau menjadi kebutuhan Musti/wajib. Sebab Jika kurang mandi, cucak hijau sering didis (nyisir bulu) dikala tampil di lapangan. Didis juga menjadi Keliru satu penyebab cucak hijau mengalami bulu nyulam,” terperinci Om Slamet.
Didis juga sanggup disebabkan faktor lain, contohnya burung sudah dalam kondisi on-fire, siap bertempur, tetapi tidak pernah diturunkan. Faktor extra fooding (EF) yg berlebihan, baik dari jangkrik maupun ulat hongkong, juga menjadi faktor pemicu lainnya sehingga burung didis di lapangan. 
5. Tipsnya mengatasi bulu nyulam
Untuk mengatasi didis dan bulu nyulam, kata Om Slamet, usahakan burung dijemur selama 15 menit setiap hari, sekitar pukul 09.00. Setelah dijemur, burung diangin-anginkan, lalu dimandikan.
Untuk sementara, EF ibarat jangkrik dikurangi porsinya, minimal 2 ekor jangkrik.
6. Mengatasi cucak hijau melet
Keliru satu sikap yg sering ditunjukkan cucak hijau yaitu lidahnya dikeluarkan atau melet. Hal ini biasanya lantaran burung kurang rutin dimandikan. Solusinya?
“Jika pengecap sudah keluar, usahakan penjemuran dihentikan, dan burung rutin dimandikan pada sore hari,” kata Om Slamet.
7. Kerodong jelang lomba
Meski cucak hijau langka / tidak pernah dikerodong, Om Slamet menyarankan, jikalau mau dilombakan, maka Sabtu malam burung perlu dikerodong supaya sanggup istirahat total dan energinya sanggup dihemat untuk esok hari.
Semoga bermanfaat.
disunting ulang dari omkicau.com

0 Response to "7 Belakang Layar Menyeting Cucak Ijo Tampil Prima Dilomba"

Total Pageviews