Latest News

Perawatan Murai Alasannya Abuh Susukan Pernafasan

PERAWATAN MURAI KARENA INFEKSI SALURAN PERNAFASAN


Apabila Anda merasa sudah melaksanakan perawatan secara benar, tetapi murai kerikil mengalami serak, ada kemungkinan MB mengalami abuh susukan pernafasan. Kasusnya menyerupai dengan abuh susukan pernafasan akut (ISPA) pada manusia.

Ada beberapa penyakit abuh susukan pernafasan pada burung, tetapi saya akan menjelaskan dua yang paling sering muncul

a. Psittacosis
Penyakit ini bukan hanya menciptakan burung serak, tetapi juga kehilangan bunyi (macet bunyi). Penyebabnya ialah basil Chlamydia psittaci.

Burung yang terkena serangan ini terkadang tidak memperlihatkan tanda-tanda klinis, kecuali hanya terlihat lesu dan serak atau kehilangan suara. Pada beberapa kasus, muncul tanda-tanda klinis menyerupai bersin-bersin, batuk, sulit bernafas, keluar cairan dari lubang hidung, dan kadang juga disertai mencret.

Solusi
  • Pisahkan burung yang terinfeksi, biar tidak menular ke burung lain yang sehat.
  • Obati burung yang sakit dengan BirdBlown secara teratur.
  • Basmi semua parasit, jamur, dan mikroba di sekitar sangkar / sangkar denganFreshAves (5 gram serbuk FreshAves dilarutkan dalam 1 liter air, lalu dimasukkan ke dalam hand sprayer). Semprot semua cuilan kandang, termasuk badan burung yang sehat (sangat kondusif untuk burung).
  • Khusus burung penangkaran, serbuk FreshAves tidak perlu dilarutkan, tetapi disebarkan secukupnya di bawah sarang.

B. Infeksi tungau kantung udara
  • Selain serak / hilang bunyi alasannya ialah psittacosis, serangan benalu khususnya tungau kantung udara di susukan pernafasan juga sering menjadikan burung mengalami serak atau kehilangan suara. Gejala lain yang sering menyertai bunyi serak dan macet bunyi ini antara lain tidak nagen / suka turun tangkringan, sering menurunkan kedua sayapnya.

Solusi:
  • Pindahkan sangkar burung ke daerah yang lebih hening / sepi.
  • Untuk sementara burung dikerodong penuh biar abuh tak gampang menyebar, dan kuman penyakit lain tidak gampang menyerang murai yang sakit. Burung yang sakit biasanya lebih gampang ditembus oleh kuman apapun daripada burung yang sehat, alasannya ialah pertahanan tubuhnya sangat lemah.
  • Untuk pengobatan, Anda dapat mengggunakan BirdFresh yang memang diracik khusus untuk membasmi tungau kantung udara, mikroba, dan benalu lain yang menyerang kantung udara dan susukan pernafasan burung.
Untuk memperluas wawasan kita tentang murai batu maka info murai senantiasa memperlihatkan informasi-informasi lainnya. semoga bermanfaat bagi kicaumania semua. terimakasih

OBAT DAN VITAMIN UNTUK MURAI BATU
MURAI BATU PARUH CELAH DAN MITOSNYA
BAHAN-BAHAN UNTUK MENANGKAR MURAI
MURAI YANG PANDAI DAN UNIK

Dan artikel-artikel yang gres saja dibaca pengunjung di blog murai ini

MACAM-MACAM JENIS MURAI YANG DICARI PENGHOBBY
MENANGKAR MURAI BATU DISANGKAR GANTUNG
MURAI BATU SERAK DAN TIPS SOLUSINYA
MURAI BATU LIAR DAN TIPS MENJINAKKANNYA

0 Response to "Perawatan Murai Alasannya Abuh Susukan Pernafasan"

Total Pageviews