Latest News

Membuat Sangkar Penangkaran Murai Batu


Seperti ditulis Tabloid BnR, dengan lokasi sangkar menyerupai itu, setiap dikala suasana sangkar selalu ramai. Sebab, eksklusif berhadapan dengan jalan raya. Jika ada tamu, niscaya melewati kandang. Bahkan, penghuni rumah setiap dikala keluar-masuk rumah melewati halaman depan yang eksklusif berdekatan dengan kandang.


Bermodal ketekunan dan sedikit keberuntungan, penangkaran yang berawal dari sepasang indukan ini semakin usang semakin berkembang sampai alhasil menjadi sepuluh pasang indukan. “Yang utama yakni mau bertanya kepada para ahlinya dan orang-orang yang berpengalaman. Dari bertanya tersebut semakin usang aku mulai memahami aksara penjodohan murai batu. Tentu aku gabungkan juga dengan pengalaman aku sendiri,” ungkapnya.

Penangkaran yang dimulainya semenjak tahun 2005 tersebut kini sanggup dikatakan menjadi pionir dalam penangkaran murai watu di Madiun. “Padahal awal mulanya aku hanya iseng mengisi waktu luang dikala masa persiapan pensiun.

‘Saat itu aku berpikir, jikalau dikala pensiun datang tentu hidup terasa menjemukan. Tidak ada aktivitas dan hanya mengandalkan honor sebagai pensiunan. Dibayang-bayangi rasa menyerupai itu alhasil aku mencoba menangkar murai watu peliharaan saya. Nggak tahunya kini malah menyerupai ini,” katanya menceritakan dikala pertama kali . menangkar murai batu.

Fungsi ngasin

Kakek bercucu empat ini membangun sangkar penangkarannya hanya berukuran 80 cm x 90 cm dengan tinggi 2 meter. Bahan sangkar terbuat dari kawat ram ukuran 1 cm dan besi siku. Antar sangkar diberi sekat epilog terbuat dari karet talang yang berfungsi supaya burung yang diletakkan dalam sangkar berjejer tersebut tidak saling melihat. Alas sangkar masih berupa tanah yang diberi pasir.

“Pemberian pasir dimaksudkan supaya ngasin atau makan batu-batu kecil. Dan kadang burung sanggup kipu di pasir-pasir tersebut,” katanya beralasan.


http://penangkaranmuraibatu.blogspot.com/

0 Response to "Membuat Sangkar Penangkaran Murai Batu"

Total Pageviews