Latest News

Tips Cara Mendapat Beasiswa

Beasiswa memang simpel gamapang susah untuk kita dapatkan, tetapi perlu kita sadari bila kita belum berhasil mendapatkannya janganlah anda eksklusif berputus asa, alasannya ialah masih banyak peluang mendapat beasiswa lainnya. Yakinlah bahwa kegagalan hanyalah sukses yang tertunda. Banyak info registrasi beasiwa diluar sana, tetapi artikel ihwal tips mendapat beasiswa saya nilai masih kurang, padahal inilah yang lebih penting untuk anda pahami sebelum anda bersaing mendapat beasiswa tersebut.

Sebenarnya setiap beasiswa telah memperlihatkan gambaran, tujuan dan rincian beasiswa tersebut. TErmasuk didalamnya ialah persyaratan yang harus dipenuhi. Maka untuk itu anda harus benr benar memperhatikan info sedetail detailnya ihwal registrasi beasiswa, test beasiswa dan juga bentuk dan besarnya beasiswa.

Selain anda rajin mencari beasiswa sebaiknya anda pahami cara mendapat beasiswa yang akan kita bahas berikut ini:

Pahami dan ketahui sasaran sponsor
Kenali medan. Tampaknya ini juga berlaku bagi Anda yang ingin berburu beasiswa. Tidak ada cara yang ampuh mendapat beasiswa selain memahami dan mengikuti kemauan dari sponsor/donatur beasiswa. Pelamar ibarat apa yang mereka ingini. Apakah kriteria itu ada pada diri Anda atau setidaknya mendekati sasaran yang dikehendaki oleh donatur tersebut. Semakin Anda tahu calon peserta beasiswa yang diinginkan, semakin simpel mempersiapkan diri untuk membuka peluang menjadi pemenang.

Sebagai contoh: Ada sebuah beasiswa yang mencari pelamar berbakat dengan prestasi akademik di atas rata-rata. Sebutlah meminta IPK 3,5 atau lebih. Banyak pelamar menyanggupi persyaratan tersebut, tapi di sisi lain si donatur lebih mengutamakan bagi pelamar dari daerah tertentu. Ini akan memberatkan Anda kalau nantinya harus bersaing.


Kuasai hukum main
Banyak yang gagal mendapat beasiswa justru alasannya ialah tidak memahami hukum main. Mulai hal sepele yang dilanggar, hingga yang berakibat fatal. Kesalahan itu umumnya terjadi sebelum dan dikala pengajuan aplikasi. Sebut saja misalnya, transkrip ijazah yang semestinya diterjemahkan, tapi tidak dilakukan. Lalu, pengiriman berkas yang melewati deadline, batas usia yang tidak sesuai, berkas tidak memenuhi persyaratan, dan banyak lagi.

Sebetulnya, yang tak kalah penting sebelum mendaftar ke salah satu beasiswa, bacalah terlebih dahulu panduannya. Sejumlah sponsor umumnya telah memperlihatkan isyarat tersebut, baik yang disampaikan melalui laman situs, atau disediakan secara khusus dalam bentuk ebook. Intinya, menguasai hukum main akan memudahkan langkah berikutnya.

Buat aplikasi ampuh
Ini ialah tahapan terpenting dalam berkompetisi memperebutkan beasiswa. Menyiapkan aplikasi yang mumpuni. Selain kelengkapannya yang terpenuhi, aplikasi tersebut hendaknya juga ampuh untuk membuka mata hati dan pikiran para panelis. Tugas Anda ialah meyakinkan mereka bahwa Anda lah sosok yang dicari dan pantas mendapat beasiswa tersebut.

Bagaimana membuatnya? Galilah kemampuan yang ada pada diri Anda, kemudian sertakan pada permohonan aplikasi yang akan dikirimkan. Ingat, untuk menyiapkan aplikasi yang ampuh, rambu-rambunya ialah kriteria dan persyaratan yang ditetapkan oleh masing-masing sponsor. Mengikuti ini saja sebetulnya, Anda sudah diberi lampu hijau. Tapi, bila bisa memberi lebih, nama Anda lebih besar peluangnya untuk terpampang di papan pengumuman. Kaprikornus berilah yang terbaik, alasannya ialah kita tidak akan tahu seberapa ketat kompetisi sedang berlangsung.

Sebagai contoh: Anda menulis motivasi pribadi yang unik dengan penjelasan-penjelasan yang bisa diterima panelis. Anda juga melampirkan catatan prestasi akademik jauh di atas persyaratan minimal, atau melampirkan pengalaman-pengalaman organisasi, pekerjaan yang bekerjasama dengan beasiswa yang dilamar. Serta banyak lagi.

Ajukan sempurna waktu
Bagaimanapun hebatnya aplikasi yang disiapkan, tapi kalau lewat deadline percuma. Sebisa mungkin kirimkan aplikasi jauh sebelum batas selesai pendaftaran. Ini akan memposisikan aplikasi Anda di urutan atas, sehingga bisa diperiksa lebih awal oleh para panelis. Semakin diawal Anda mendaftar dan mengirimkan aplikasi, risiko berkas terlambat atau tercecer- bila dikirim melalui pos- juga semakin kecil.

Selalu berusaha dan Berdoa

0 Response to "Tips Cara Mendapat Beasiswa"

Total Pageviews