Latest News

Cara Menciptakan Pakan Perkutut Sendiri Dan Komposisi Biji-Bijian Yang Tepat


Bagaimana Perbandingan Pakan Biji-bijian Yang Bisa Diberikan Untuk Burung Perkutut?
Beberapa jenis pakan alami burung perkutut antara lain milet, ketan hitam, jewawut, beras merah, kacang hijau, godem, gabah bangkok, biji kenari dll. Bagaimana cara tunjangan yang sempurna aneka macam macam jenis pakan perkutut tersebut dengan perbandingan yang manis diantara jenis biji-bijian pakan burung tersebut?

Berikut ini beberapa perbandingan jumlah biji-bijian pakan perkutut yang sanggup anda coba dan anda analisa hasilnya, manakah yang terbaik diantara perbandingan pakan tersebut terhadap kualitas dan kuantitas manggung burung perkutut anda itulah yang sanggup anda pilih dan terus dipakai.
  • Beras merah : ketan hitam : jewawut = 2:1:7
  • Beras merah : ketan hitam : jewawut = 1/2 : 5 : 4 : 1/2
  • Beras merah : ketan hitam : jewawut = 3 : 1/2 : 5 : 1/5
  • Beras merah : ketan hitam : jewawut : gabah lampung = 1 : 2 : 1/2 : 6 : 1 1/2
  • Beras hitam : jewawut : biji-bijian = 5 : 3 1/2 : 1 1/2
  • Beras merah : ketan hitam : jewawut : gabah lampung : millet : biji kenari = 1 : 1 : 4 : 2 : 2
Saat manggung, bunyi burung perkutut menjadi 3 bagian. Yaitu bunyi depan (pengajeng / angkatan), bunyi tengah (penengah/pukulan), dan bunyi ujung (dawah / pembuang). Ketiga bab bunyi ini jikalau dieja secara sederhana berbunyi : “Hur- kete – kuk”. Dari ketiga bab bunyi ini, bunyi tengah (“kete”) boleh tidak ada atau tidak terdengar. Tapi bunyi depan dan bunyi ujung belakang mutlak harus ada. Karena tak ada burung perkutut yang berbunyi :” Hur – kete” atau “Kete – kuk” saja. Sedang perkutut yang berbunyi :”Hur – kuk” banyak ditemukan, contohnya perkutut bangkok. (sumber: Buku Kawruh Peksi Berkutut ditulis tangan dengan aksara Jawa oleh R.W Padmodiprodjo pada zaman Belanda).
Cara Membuat Sendiri Pakan Burung Perkutut Ala Pabrikan
Anda kesulitan mendapat pakan burung perkutut buatan pabrik? Solusinya anda sanggup menciptakan pakan perkutut buatan sendiri yang tidak kalah dengan pakan buatan pabrik yaitu berupa gabungan biji bijian dan bumbu tertentu. Bumbu-bumbu yang diharapkan sanggup kita peroleh di pasaran.

Bahan-bahan dan Cara Pembuatan:
  • Siapkan terlebih dahulu bumbu berupa bawang putih sebanyak 2 siung, jahe dan kencur masing-masing sebanyak 3 potong, dan garam dapur 12 sendok makan. Selain itu, disediakan pula telur 2 – 3 butir, madu 5 sendok makan ketan hitam 1 liter, millet 1/4 liter, biji kemari 1/4 liter, dan jewawut 1/8 liter. Cara membuatnya sebagai berikut :
  • Semua bumbu tersebut ditumbuk hingga hancur.
  • Pecahkan telur dan ambil kuningnya saja kemudian kuning telur dikocok hingga mengembang, kemudian ditambah madu dan dikocok ulang hingga tercampur.
  • Ke dalam gabungan madu telur ini kita masukan bumbu yang telah diamduk tadi dan diaduk hingga rata.
  • Biji – bijian yang telah tensedia kita basuh sampei bersih, kemudian diiriskan dan dijemur di atas tampah. Bila telah kering, semua biji tersebut kita campurkan ke dalam adonan telur bumbu. Campuran diaduk sampoi ratn betul.
  • Langkah terakhir yaitu semua gabungan tersebut  di sangrai (digoreng tanpa minyak) selama kira-kira dua menit. Setelah di sangrai, ditampung di atas tampah dan diangin-anginkan hingga kering dan dingin. Pakan buatan yang sudah hambar inilah yang akan kita berikan pada perkutut.
Sumber:http://www.agrotani.com/ramuan-burung-perkutut/

0 Response to "Cara Menciptakan Pakan Perkutut Sendiri Dan Komposisi Biji-Bijian Yang Tepat"

Total Pageviews