Latest News

Cara Melatih Perkutut Untuk Lomba Dan Cepat Beradaptasi


Ciri-ciri Perkutut Yang Bagus Untuk Lomba, Cara Menjinakkan Perkutut dan Melatih Mentalnya Agar Siap Tempur Saat Lomba

Meski tidak sepopuler jenis burung lainnya, penggemar burung perkutut seakan tidak lekang oleh jaman. Berbagai lomba burung perkutut juga masih sering dilaksanakan diantara para pecinta jenis burung ini. Memang popularitas burung perkutut semakin berkurang seiring banyaknya burung kicau impor yang masuk ke Indonesia dan eksklusif menjadi musim burung kicau yang banyak diburu para kicaumania.

Jika anda berminat untuk memelihara burung perkutut tentunya harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis perkutut yang baik apalagi jikalau anda berminat untuk melombakan burung perkutut tersebut. Banyak cara untuk mengetahui ciri-ciri burung perkutut yang manis untuk lomba dan sebagian akan diulas dibawah ini.

Perkutut lomba memang memerlukan latihan mental yang lebih atau ekstra dibandingkan dengan perkutut yang hanya dipelihara untuk kelangenan dirumah dan untuk menikmati suaranya saja. Perkutut harus sering kita ajar baik fisik serta mentalnya,melakukan latihan mental ini di maksudkan supaya nantinya sewaktu perkutut masuk lomba,ia tidak akan takut melihat burung lain serta bisa dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya..

Burung perkutut yang lebih jinak akan bisa untuk mengeluarkan suaranya dengan lantang,sebab jenis perkutut lebih jinak tidak takut terhadap arena sekitar tempat lomba burung perkutut,ia akan lebih santai,menganggap jikalau tempat tersebut ialah rumahnya.maka dari itu,selain melatih mental kusus untuk perkutut lomba,melatih supaya perkutut tidak liar juga sangat penting.
Ciri ciri burung perkutut yang rajin manggung antara lain:
  • Lihat pada kepingan matanya mata burung perkutut yang nantinya bisa gacor akan tampak pada kepingan matanya sorot tajam
  • Pilihlah yang berjenis kelain jantan,ciri ciri burung perkutut yang berjenis kelamin jantan ialah ukuran tubuh yang besar dan berbadan tegap
  • Kondisi fisik burung perkutut lincah
  • Bulu burung perkutut halus dan susunan bulu teratur
Bagaimana  Cara Melatih Mental Perkutut Lomba?

Menggantang perkutut.

Menggantang perkutut salah satu cara untuk melatih mental,cara mengantang perkutut kita lakukan pada pukul 3 sore hingga mangrib,lakukan cara ini secara rutin,dan untuk ketinggian gantangan,sebaiknya sesuaikan dengan umur burung perkutut tersebut. Lokasi pada ketika kita mengantang perkutut tersebut juga akan lebih manis jikalau setiap hari kita pindahkan,cara ini untuk melatih dan membiasakan perkutut supaya bisa menyesuaikan diri dengan cepat.

Latihan bersama Perkutut Lainnya
Latihan bersama yang saya maksud ialah melaksanakan latihan perkutut dengan perkutut lainya,intinya burung dengan burung.dengan cara melaksanakan latihan bersama ini,kekurangan dari perkutut kita bisa kita lihat,jika masih ada kekurangan,bisa kita lakukan perbaikan,selain itu,melakukan latihan bersama juga berfungsi supaya perkutut yang masih sedikit mengeluarkan suara,ia akan terpancing perkutut lain yang telah senior..

Sedangkan latihan lainya yang bisa kita terapkan untuk melatih mental perkutut dengan cara melatih perkutut tersebut dengan membawa di atas kendaraan.jika perkutut belum pernah kita bawa naik kendaraan,baik kendaraan beroda empat maupun motor,ia akan lebih cenderung mengalami stress. Saat membawa perkutut dalam perjalanan,sebaiknya jikalau kandang tersebut kita lakukan kerodong,namun jikalau perkutut bos di rumah belum pernah masuk lomba,akan lebih joss jikalau kita ikutkan lomba kelas piyikan perkutut,biar perkutut tersebut terbiasa dan bisa menyesuaikan diri dengan puluhan jenis perkutut lainya

Tips Cara merawat burung perkutut lokal:
  • Untuk menjaga kesehatan burung perkutut sebaiknya berikan pakan berupa biji bijian,jenis biji yang sangat di sukai burung perkutut ialah biji padi gabah namun kita bisa memperlihatkan pakan biji berupa beras ,beras hitam,milet dan juga voer
  • jangan lupa untuk memperlihatkan minuman dan taruhlah di dalam sangkarnya
  • Memandikan burung perkutut setiap 3 hari sekali umumnya untuk memandikan burung perkutut sebaiknya di lakukan pada jam 7 pagi
  • Setelah burung kita mandikan sebaiknya burung kita jemur di hangatnya sinar matahari pagi
  • Jangan lupa untuk memperlihatkan kerikit dan taruhlah atau campurkan dengan beras ataupun biji padi yang belum di selep masih wujud gabah
  • Pemberian batu berupa tanah ini mempunyai kegunaan untuk membantu proses pencernaan burung perkutut dan dukungan batu tanah juga bisa kita berikan untuk burung merpati
  • Agar supaya burung rajin manggung sebaiknya burung kita berikan bunyi masteran perkutut Cara menjinakkan burung perkutut ialah pada ketika kita memperlihatkan pakan ke dalam kandang sesekali burung kita pegang dan kita usap usap kepalanya dan usap pada kepingan bulu sayapnya,setelah itu taruhlah kandang burung di teras rumah yang sering di lalui insan (pemilik burung)
Tips Memilih Perkutut Bakalan Yang Cocok Buat Perkutut Lomba

Amati Kepala Burung Perkutut
Bentuk kepala perkutut bakalan atau piyikan yang paling manis nantinya untuk maju lomba ialah perkutut yang mempunyai bentuk kepala lonjong,bentuknya hampir menyerupai mirip bentuk buah pinang yang masih muda. Pada kepingan mata indah,jernih serta mempunyai aura cerah yang mengkilau,pada kepingan mata dalam,kususnya kepingan titik mata hitam,terlihat menonjol besar,selain itu,pada kepingan paruh burung tersebut terlihat sangat tebal namun tidak terlalu panjang.kusus untuk kepingan hidung,terlihat menonjol ke depan dan lubang kepingan hidung di tutupi oleh bulu.

Amati Bagian Leher Perkutut.
Leher kepingan perkutut yang manis untuk maju kontes mempunyai ciri yang panjang serta tegak lurus ke depan serta bisa mengangkat kepalnya.bagian bawah leher,kususnya di kantong bunyi yang terlihat mengembung sedikit menonjol.

Amati Bagian tubuh Perkutut.
Perkutut manis mempunyai kepingan dada yang relatif bidang serta bentuk tubuh kurus namun atletis,pada belakkang punggung agak sedikit membungkuk.kusus untuk kepingan sayap perkutut,memiliki bulu yang relatif panjang indah serta agak mengkilau..itulah beberapa ciri burung perkutut manis bisa untuk maju dalam arena lomba.

Cermati Bagian kaki Perkutut.
Pada kakinya terlihat besar lengan berkuasa dan kokoh,saat bangkit maupun ketika melaksanakan kuda-kuda,kaki terlihat tegap,mantap serta pada kepingan tulang paha yang relatif lebih rapat.bagian jari panjng,bentuk sisik kasar,namun semua sisik tersebut enek jikalau kita lihat,rapi serta kepingan terahir sisik kaki terlihat agak besar dari sisik lainya. Selain itu, burung perkutut yang manis mempunyai warna sisik kaki yang mayoritas hitam agak kemerahan sedikit.dan pada kepingan telapak kaki,terdapat sedikit warna putih..

Cermati Juga Bagian Supit Dan Ekor Perkutut.
Bagian ciri supit dan ekor perkutut juga memilih dari kualitas burung tersebut.perkutut bagus,umumnya mempunyai bentuk supit yang tidak rapat,supit agak renggang serta mempunyai kelenturan tidak keras.nah untuk kepingan Ekor perkutut yang manis bisa di lihat dengan tanda bulu ekor panjang dan menumpuk,bagian ujung perkutut lebih kecil..pada kepingan brutu atau pantat burung perkutut besar,serta agak runcing yang menonjol ke depan.

Selain bisa mendapat gosip ihwal banyak sekali cara melatih perkutut lomba supaya mempunyai mental baja, di situs ini anda juga bisa download MP3 kicauan burung banyak sekali jenis seperti: bunyi perkutut manggung, kicau walet pemanggil, kicau burung bangau, kicau burung cendrawasih, kicau burung sogok ontong, jalak china, kicau jalak putih, kicau anis merah, kicau anis kembang, teriakan elang bahari yang melengking, kicau burung cucak rowo, kicau gelatik, kicau lovebird, kicau burung nuri, kicau kenari, kicau poksay, kicau jalak suren, jalak putih, kicau cucak hijau, lengkingan burung falcon, kicau burung cililin untuk masteran, kicau kolibri si burung madu, kicau raja udang dan jenis burung lainnya yang akan segera menyusul. Untuk link Untuk Download MP3 Suara Burung Kicau Berbagai Macam dan Jenis, silahkan KLIK DISINI

0 Response to "Cara Melatih Perkutut Untuk Lomba Dan Cepat Beradaptasi"

Total Pageviews