Latest News

Cara Budidaya Luwak Untuk Seleksi Kopi Berkualitas

Kopi Luwak dan Binatang Pintar Yang Jago Menyeleksi Kopi Berkualitas Yang Berharga Super Mahal

Tahukan kopi Luwak? yang harga perkilonya jauh di atas kopi biasa, yang katanya dari segi rasa dan aromanya benar-benar tiada duanya. Kenapa disebut kopi Luwak? Karena memang kopi nikmat ini diproduksi melalui Luwak sebagai selektornya. Luwak kalau di daerah-daerah di pulau Jawa awalnya hanya dikenal sebagai hama dan diburu lantaran sering memangsa ayam penduduk. Seiring bertambahnya seruan terhadap kopi Luwak maka pandangan terhadap luwak semakin bergeser menjadi binatang yang bermanfaat sebagai pemilih kopi berkualitas tinggi.
Populasi binatang luwak semakin hari semakin bertambah, sehingga masyarakat mengingkatkan kewaspadaan terhadap binatang ini biar tidak lagi memangsa ternak unggas maupun buah tanaman. Binatang luwak ini disatu sisi merugikan, tapi di sisi lain sangat menguntungkan. Walupun menjadi hama, tapi binatang ini mempunyai nilai jual yang tinggi.
Luwak, Ahli Seleksi Kopi

Luwak merupakan binatang karnivora termasuk dalam suku musang. Nama ilmiah luwak yaitu Paradoxurus hermaphroditus. Hewan ini menyukai hutan-hutan sekunder yang berdekatan dengan perkebunan dan permukiman manusia. Luwak banyak ditemukan masuk ke kawasan permukiman.

Luwak mempunyai kebiasaan membuang kotoran di tempat-tempat yang sering dilewatinya. Kotoran yang ditinggalkannya biasanya masih mengandung biji-bijian utuh. Pencernaan luwak terlalu bisa mencerna biji-bijian dengan sempurna.

Salah satu biji-bijian yang kerap dimakan luwak yaitu buah kopi. Luwak dipercaya hanya menentukan buah kopi yang berkualitas prima untuk dimakan. Buah tersebut mengalami fermentasi dalam susukan pencernaannya. Kulitnya habis dicerna sedangkan bijinya tetap utuh dan dikeluarkan bersama feses.
Seiring meningkatnya seruan pasar, kopi luwak yang dihasilkan luwak liar semakin sulit didapat. Hal ini mendorong para pelaku perjuangan untuk membudidayakan luwak secara khusus biar bisa diambil biji kopinya.
Bertambahnya populasi luwak yang ada disebabkan beberapa pengusaha kopi sengaja melepasliarkan binatang tersebut, sehingga populasinya semakin bertambah di alam liar, selain itu, betambahnya populasi luwak tentu akan membawa kekhawatiran sekaligus keuntungan, meskipun begitu luwak tetap menjadi primadona petani, alasannya yaitu mempunyai nilai jual yang tinggi.

Luwak "musang" menjadi salah satu binatang yang cukup dicari, pasalnya jenis ini, bisa menghasilkan produk kopi dednngan nilai yang tinggi. Luwak akan menjadi hama, bila pasokan kopi di area perkebunan berkurang, sehingga binatang tersebut kerap memakan unggas, maupun buah diarea pertanian maupun perkebunan.

Meskipun menjadi hama, binatang ini kerap dicari, alasannya yaitu jenis hama ini mempunyai harga yang tinggi, lantaran digunakan sebagai media untuk menghasilkan produk perkebunan bernilai irit tinggi.

Bertambahnya populasi luwak, akan sanggup menawarkan imbas aktual bagi peningkatan produksi kopi luwak di tahun yang akan datang, alasannya yaitu pengusaha sanggup menangkap binatang ini dengan jumlah banyak, sehingga bisa menghasilkan produk kopi luwak berlimpah.

Untuk mencegah biar binatang ini tidak memangsa ternak unggas, sebagian besar masyarakat yang berada bersahabat diarea perkebunan memasang perangkap, masyarakat dalam memburu luwak menghindari dengan memakai senapan ataupun senjata tajam lain, alasannya yaitu bila binatang ini terluka, maka luwak tidak akan bertahan lama. Tujuan masyarakat memasang perangkap, biar binatang tersebut tertangkap tidak akan cidera, dan sanggup dijual kepada pengusaha kopi luwak, bila ekspresi dominan panen kopi tiba.

Seiring meningkatnya seruan pasar, kopi luwak yang dihasilkan luwak liar semakin sulit didapat. Hal ini mendorong para pelaku perjuangan untuk membudidayakan luwak secara khusus biar bisa diambil biji kopinya. Mereka memproduksi kopi luwak dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Menyeleksi buah kopi yang berkualitas baik untuk diberikan pada luwak. Kemudian buah tersebut dicuci dan dibersihkan.

Setelah itu buah kopi diberikan pada luwak. Hewan ini masih akan memilihnya lagi. Luwak mempunyai indera penciuman yang tajam. Dia tahu buah kopi terbaik yang layak dimakan.

Setelah itu tunggu sampai luwak mengeluarkan feses atau kotorannya. Pengambilan feses biasanya dilakukan pagi hari.

Feses yang mengandung biji kopi dikumpulkan dan dibersihkan dalam air mengalir. Kemudian jemur biji kopi dijemur sampai kering. Biji kopi dari kotoran luwak masih mempunyai lapisan tanduk yang harus diolah lebih lanjut.

Biji kopi yang telah dicuci dan dikeringkan diolah lebih lanjut dengan proses basah.

Beberapa waktu lalu, sejumlah supermarket di Inggris memboikot kopi luwak. Kejadian ini dipicu protes kalangan pecinta satwa. Mereka menganggap proses produksi kopi luwak di Indonesia mengabaikan kesejahteraan hewan. Luwak dipaksa memakan kopi hanya untuk diambil kotorannya. Hal ini dianggap mengeksploitasi dan menyiksa hewan.

Namun pemerintah menepis anggapan itu, mereka menganggap tidak ada bedanya dengan sapi yang diperah susunya. Toh, meskipun diberi pakan buah kopi para penangkar pun tetap menawarkan pakan lain. Pasalnya apabila luwaknya dieksploitasi kemudian mati, produsen juga yang merugi.

Demikian serba-serbi luwak, sang pemilih kopi terbaik dan terhandal. Meskipun tergolong hama tetapi kalau dikelola dengan benar maka binatang ini bisa bermanfaat, salah satunya ya sebagai selektor buah kopi berkualitas eksport tersebut.

0 Response to "Cara Budidaya Luwak Untuk Seleksi Kopi Berkualitas"

Total Pageviews