Latest News

Macam-Macam Pakan Kelinci Terbaik, Dari Hijauan Hingga Konsentrat


Jenis Pakan Kelinci, Alami dan Buatan
Pakan Terbaik Untuk Anak Kelinci. Air susu induk merupakan pakan alami terbaik lantaran mempunyai zat paling lengkap serta cocok dan sempurna untuk anak kelinci yang masih menyusu. Air susu induk lebih manis kalau dibandingkan dengan susu sapi, air susu induk mempunyai kandungan materi kering lebih banyak dua kali lipat, lemak dan protein empat kali lebih besar, bubuk / mineral lebih banyak tiga kali lipat. Selain itu, laktosa hanya satu per enam (1/6) dari air susu sapi. 
Kelinci dialam bebas yakni pemakan segala jenis hijauan menyerupai daun-daunan dan rumput-rumputan sehingga pakan terbaik secara alami untuk ternak kelinci yakni berupa hijauan. Sedangkan pakan suplemen kalau kelinci dimanfaatkan untuk perjuangan penggemukan barulah dipakai pakan konsentrat biar kelinci cepat berkembang dan bobot badannya cepat naik sehingga sanggup cepat dipanen untuk sanggup di replace lagi dengan kelinci gres sehingga perputaran cash flow dalam perjuangan peternakan kelinci sanggup lancar dan berkelanjutan.

Macam dan Jenis Hijauan Yang Bisa Digunakan Sebagai Pakan Kelinci
Kandungan Protein dan Lemak Kasar dari macam-macam jenis tanaman yang sanggup dipakai sebagai pakan kelinci:
Bahan Protein (%) Lemak (%)
Daun Lamtoro 12 6,5
Rumput Kalamenta 10,26 1,46
Daun Kacang Tanah 16,59 2,90
Daun Pisang 16,81 5,90
Daun Dadap 27,15 2,91
Daun Turi Merah 31,68 7,05
Daun Duri Putih 40,62 5,65
Jerami Jagung 5,57 1,25
Rumput Jampang 8,29 1,01
Rumput Cakar Ayam 8,44 1,47
Rumput Ginting 8,67 1,22
Jerami Padi 9,83 2,15
Jerami kering merupakan salah satu pakan serat agresif yang sanggup mencegah gigi kelinci tumbuh lebih cepat. Pakan jenis ini sanggup menjadi pilihan baik untuk kelinci. Hay merupakan rumput yang dipotong menjelang berbunga, kemudian diawetkan dengan cara dikeringkan secara sedikit demi sedikit biar supaya kandungan gizinya tidak rusak serta kadar serat kasarnya tinggi. Rumput yang manis dijadikan bay di antaranya rumput gajah, daun duri, rumput lapangan, pucuk tebu, batang jagung, dan daun kacang-kacangan. Rumput awetan ini rasanya manis, sehingga cocok untuk kelinci yang menyenangi rasa ini. Ampas tebu yang direndam selama 24 jam dan telah difermentasikan dengan molase juga sanggup diberikan kepada kelinci. Jika kelinci mengalami gangguan menyerupai mencret, disarankan segara menghentikan tunjangan hijauan dan menggantikannya dengan bay dalam jumlah banyak.
Daun Kacang Tanah


Kita sanggup memanfaatkan limbah dari perkebunan kacang tanah, daun kacang yang bentuk berair maupun kering (biasa di sebut rendeng kacang) sanggup di manfaatkan. Protein Kasar sampai 13% dalam keadaan kering. Palatabilitasnya juga tinggi.

Rendeng Kedelai


Rendeng kedelai atau daun kacang kedelai kering salah satu hasil limbah pertanian. Sebagian besar kelinci menyenangi rendeng kedelai ini (palatabilitas tinggi). Kurang lebih protein agresif yang terkandung didalamnya mencapai 16%.

Termasuk pakan kelinci hijauan di antaranya rumput lapangan, daun kacang panjang, daun lamtoro, daun duri, daun kembang sepatu, daun ubi jalar, daun pepaya, daun jakung, dan daun kacang tanah.

Sisa-sisa atau limbah sayuran menyerupai wortel, selada, kangkung, kol, sawi, caisim, atau daun singkong juga termasuk dalam pakan jenis ini.

Cara pemberiannya yakni pakan hijau segar diberikan secukupnya sesudah dilayukan. Pelayuan ini dimaksudkan biar supaya kadar air dalam pakan hijau segar berkurang. Jika hal ini tidak dilakukan, urine kelinci sanggup berbau serta menyengat, mengakibatkan mencret, perut kelinci gembung, gatal-gatal dan scabies, serta sanggup menjadikan final hidup pada kelinci kecerdikan daya lantaran keracunan.
Kelinci yang tidak sanggup berak dan kencingnya sedikit sekali merupakan tanda-tanda kelinci yang terkena sembelit. Sembelit disebabkan lantaran asupan masakan kelinci tidak dibarengi dengan air minum yang cukup. Selain itu, sembelit juga sanggup disebabkan lantaran kelinci tidak sanggup bergerak bebas di sangkar lantaran ukuran sangkar kelinci yang sempit. Untuk mencegah sembelit, Berikan pakan hijauan segar yang mengandung banyak air, lepaskan kelinci di luar sangkar supaya sanggup bergerak bebas dan mendapat udara segar. Cara mengobati sembelit yaitu berikan kelinci air minum yang banyak.
Daun Turi


Baiknya diberikan dalam kondisi layu, Turi Putih lebih tinggi mngandung protein dari pada turi merah, pternak sapi atau kambing banyak memanfaatkan daun turi sebagai sumber protein. Terutama di ekspresi dominan yang susah mendapat hijauan, protein Turi Putih sanggup mencapai 40%.

Daun Lamotoro


lebih baik diberikan dalam kondisi layu atau kering, lantaran adanya racun yg sanggup merontokan bulu,
pakan ini biasa diberikan sebagai pakan alternatif pada ruminansia besar (sapi/kambing) disaat kekurangan HMT (Hijauan Makanan Ternak) dan ketika kondisi binatang ternak sedang membutuhkan banyak nutrisi.
Beberapa hijauan yang baik dan umum untuk kelinci antara lain rumput genjreng/ legetang, rumput sintrong, daun ubi jalar. Rumput lapangan juga sanggup dimanfaatkan untuk pakan kelinci. penting untuk dicatat yakni menghindari kelinci mencret/diare atau kembung akhir hijauan tadi yakni dengan memotong hijauan atau rumput antara jam 10 s/d jam 11 lantaran biasanya rumput-rumput sudah terkena sinar matahari dan basil atau kuman sudah pergi dan tidak melekat pada rumput. Juga diupayakan biar rumput atau hijauan dilayukan lebih dahulu (diangin-anginkan). Jangan menunjukkan rumput yang berair lantaran embun pagi, hujan/ gerimis dan dicuci, Pada ekspresi dominan hujan rumput atau hijauan dilayukan atau ditebar ditempat kering dan higienis biar rumput sanggup diangin-anginkan dan airnya menjadi tiris, menunjukkan rumput berair lantaran hal diatas sanggup mengakibatkan ‘scabies’ pada kelinci, kemungkinan mencret pun sanggup terjadi. Tidak ada salahnya mencuci rumput kalau mengambil rumput diarea pinggir jalan dan tempat industri lantaran polusi udara yang melekat pada rumput sanggup higienis dan diupayakan untuk ditiriskan serta diberikan dalam kondisi bersih, tidak jamuran, tidak basah, busuk maupun terlalu segar.
Pakan Kelinci Jenis Biji-Bijian dan Umbi-umbian

Pakan kelinci yang berbentuk biji-bijian menyerupai jagung, padi, gandum, kedelai, kacang tanah, dan kacang hijau. Pakan biji-bijian ini termasuk dalam salah satu pakan terbaik kelinci lantaran pakan jenis ini mempunyai protein tinggi.

Jika harga cukup mahal, kita sanggup menggantinya dengan pakan alternatif menyerupai bungkil kelapa, dedak, bekatul, bungkil tahu, atau bungkil kacang tanah.

Cara tunjangan jenis pakan ini sebaiknya ditumbuk terlebih dahulu, sesudah itu gres diberikan ke kelinci sebanyak 150-250 gram per ekor dalam satu hari.

Jenis pakan kelinci berupa umbi-umbian merupakan salah satu alternatif pakan kelinci terbaik. Jenis pakan ini termasuk di antaranya talas, ubi jalar, singkong rebus, dan jenis umbi-umbian lainnya. Pakan jenis ini juga juga oleh peternak kelinci sebagai pakan tambahan.

Pakan Kelinci Buatan, Konsentrat

Pakan konsentrat berfungsi meningkatkan nilai gizi dan penguat pakan pokok kelinci yang berupa hijauan. Keuntungan jenis pakan ini yakni gampang didapatkan di pasaran. Pakan konsentrat ini terdiri dari pelet atau pakan pabrikan, bekatul, bungkil kelapa, ampas tahu, ampas tapioca, atau bungkil kacang tanah. Jika nutrisi dalam pelet sudah mencukupi kebutuhan kelinci, pakan hijauan tidak perlu lagi diberikan. Dengan memakai pakan konsentrat ini memang pemeliharaan kelinci menjadi lebih simpel lantaran tunjangan pakan dan ukurannya jadi lebih mudah. Sedikit sekali pakan yang terbuang kalau kita memakai konsentrat apabila dibandingkan dengan pakan terbuang dari jenis hijauan.

Diolah dari aneka macam sumber

0 Response to "Macam-Macam Pakan Kelinci Terbaik, Dari Hijauan Hingga Konsentrat"

Total Pageviews